Cegah Covid-19: Mahasiswa PMM UMM Bagikan Masker dan Vitamin C Gratis Kepada Ojek Perahu dan Pedagang Keliling

Editor : Eno
*Oleh : Fadila Rahma.
PMM UMM merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk memberikan suatu manfaat kepada masyarakat sesuai dengan peraturan UMM dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa. PMM UMM terdiri dari 5 mahasiswa Aktif Universitas Muhammadiyah Malang.

Maka dari itu, mahasiswa asal Kalimantan Barat yang tergabung dalam PMM UMM Gelombang 6 Kelompok 2 yang dibimbing oleh Bapak Setiya Yunus, M.Pd, melakukan kegiatan PMM di desa sendiri, yaitu di desa Meliau Hulu.

Desa Meliau Hulu yang masuk dalam Kecamatan Meliau saat ini merupakan wilayah zona hijau, dapat diketahui dari website https://covid19.sanggau.go.id/ yang artinya tidak ada kasus positif Covid 19 sama sekali yang terjadi di Kecamatan Meliau ini. Namun guna meningkatkan kesadaran masyarakat desa Meliau Hulu, Mahasiswa PMM UMM  membuat sebuah kegiatan yang terlihat kecil dan biasa, namun memiliki manfaat yang besar.

Mahasiswa PMM UMM Bagikan Masker dan Vitamin C Gratis Kepada Ojek Perahu dan Pedagang Keliling | Fadila Rahma.
Dengan program pembagian masker dan vitamin C kepada bapak-bapak pekerja ojek perahu dan para pedagang keliling yang terdapat di Desa Meliau Hulu, Kecamatan Meliau, Kabupaten  Sanggau dan berlangsung selama 2 hari, yaitu hari Sabtu, 15 Agustus dan Minggu, 16 Agustus. 

“Karena ketersatuan antara masyarakat dan sungai Kapuas maka banyak masyarakat desa Meliau Hulu yang bekerja sebagai ojek perahu. Ojek perahu merupakan pekerjaan yang selalu melakukan interaksi dengan orang banyak, baik kepada masyarakat Desa Meliau Hulu sendiri dan masyarakat luar Desa Meliau Hulu. Sebagai contoh para ojek perahu bekerja sebagai pengantar orang untuk menyeberangi sungai Kapuas.

Sehingga mau tidak mau mereka harus menyebrangi penumpang yang akan naik ke perahu mereka walaupun penumpangnya berasal dari masyarakat luar desa Maka dari itu, kami mengajak para ojek perahu untuk tetap menjaga kesehatan mereka di tengah masa adaptasi kebiasaan baru saat ini dengan memperhatikan protocol kesehatan saat bekerja dengan menggunakan masker, dan meminum vitamin C,” kata Koordinator dari PMM UMM Kelompok 2 Gelombang 6 di Desa Meliau Hulu, Dwi Hastari.
Mahasiswa PMM UMM Bagikan Masker dan Vitamin C Gratis Kepada Ojek Perahu dan Pedagang Keliling | Fadila Rahma.
Tidak hanya memberikan masker dan vitamin C secara gratis kepada ojek perahu. PMM UMM Meliau Hulu juga memberikan masker dan vitamin C gratis kepada para pedagang keliling yang terdapat di Desa Meliau Hulu sendiri. Tidak hanya membagikan masker dan vitamin C, mahasiswa PMM UMM Meliau Hulu juga mengedukasi pedagang sayur dan ojek perahu tentang virus Covid 19 yang sedang mewabah saat ini.

Dengan adanya pembagian masker dan vitamin C gratis ini, diharapkan para pekerja ojek perahu dan pedagang keliling tetap menjaga kesehatannya dan memperhatikan protocol kesehatan saat bekerja, mengingat resiko dari pekerjaannya yang teramat besar.

Cek, dan follow juga akun Instagram https://instagram.com/pmm.umm.meliau untuk tau lebih banyak tentang kegiatan yang diadakan oleh lima dare Kalimantan Barat ini yah!

*Penulis Adalah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini