Cara Menggunakan Smartphone Android Sebagai Mouse di Windows

Editor : Redaksi II
Ilustrasi mouse komputer. [Shutterstock]
Suara Kalbar - Mengontrol komputer atau PC dari smartphone memiliki banyak kegunaan, salah satunya jika trackpad atau mouse pengguna berhenti berfungsi karena alasan apapun. Karenanya, mouse seluler dapat membantu pengguna dalam keadaan darurat.

Ada cara menggunakan smartphone Android sebagai mouse di Windows dengan mudah menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Dilansir dari Make Tech Easier, Sabtu (22/8/2020), aplikasi yang digunakan adalah Unified Remote yang memiliki lebih dari 100 fitur lanjutan, seperti power on, power off, penelusuran file, dan custom keyboard dalam versi pro.

Tetapi, fitur gratis dari aplikasi ini cukup untuk menggunakan ponsel sebagai mouse untuk komputer pengguna. Berikut cara menggunakan smartphone Android sebagai mouse di Windows:

1. Unduh Unified Remote Server di Windows
Buka situs Unified Remote dan ketuk bagian download. Kemudian pilih server terbaru untuk komputer pengguna. Aplikasi Unified Remote mendukung semua versi Windows dan tersedia untuk platform 32 dan 64-bit.
Ilustrasi ponsel Android. [Shutterstock]
Ilustrasi ponsel Android. [Shutterstock]
Selain Windows, perangkat lunak ini juga tersedia untuk Mac 64-bit, Linux, Raspberry Pi, dan Arduino Yun. Untuk Windows, pengguna membutuhkan ruang disk sebesar 42 MB.

Setelah diunduh, pengguna dapat menginstal file server dan melewati add-on apapun.
Pengguna harus menginstal simulasi input driver agar kursor mouse berfungsi dari ponsel. Selain itu, pengguna dapat menginstal komponen untuk simulasi joystick. Petunjuk di bawah ini hanya untuk mouse dan keyboard laptop Windows.

Instalasi akan dimulai setelah pengguna memilih input driver. Pengguna akan memiliki opsi untuk membuat folder menu Start dan pintasan desktop sambil menambahkan firewall exceptions.
Pengguna mungkin mendapatkan peringatan keamanan Windows saat akan mengunduh driver eksternal untuk keyboard atau mouse. Klik Install untuk melanjutkan.

 Sumber : Suara.com, Selengkapnya DISINI
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini