Bupati Kubu Raya Komitmen Sukseskan Bulan Vitamin A

Editor : Suhendra Yusri
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan meninjau kegiatan pemberian vitamin A di Puskesmas Sungai Kakap, Selasa (11/8/2020).
Kubu Raya (Suara Kalbar) -  Pemerintah Kabupaten Kubu Raya berkomitmen menyukseskan program nasional Bulan Vitamin A yang telah dicanangkan pemerintah pusat pada setiap Februari dan Agustus.

Di kedua bulan tersebut vitamin A diberikan untuk anak-anak usia 0-59 bulan dan ibu dalam masa nifas.

“Agustus ini memang bulan vitamin A. Seluruh fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, pustu, poskesdes/polindes, balai pengobatan, praktik dokter, bidan praktik swasta, atau posyandu sudah kita ingatkan semuanya untuk memberikan vitamin A,” ujar Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan seusai meninjau kegiatan pemberian vitamin A di Puskesmas Sungai Kakap, Selasa (11/8/2020).

Muda mengatakan pihaknya berupaya maksimal memastikan seluruh anak usia 0-59 bulan dan ibu nifas mendapatkan vitamin A. Untuk itu ia melibatkan partisipasi seluruh elemen terkait agar tidak ada anak dan ibu nifas yang tidak memperoleh vitamin A.

“Di semua desa kita berusaha supaya semuanya terjaring untuk mendapatkan vitamin A. Informasi tentang bulan vitamin A ini juga kita harapkan disampaikan kepada mereka yang menjadi target sasaran pemberian vitamin ini,” katanya.

Ia menerangkan vitamin A tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Sehingga kebutuhan tersebut harus dipenuhi dari luar. Pemenuhan akan vitamin A sangat penting karena merupakan zat gizi yang dibutuhkan manusia.

Yakni untuk mendukung pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan. Selain itu vitamin A dapat mencegah anemia pada ibu nifas.

“Kekurangan vitamin A meningkatkan risiko anak menjadi rentan terkena penyakit infeksi seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak, dan diare,” katanya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kubu Raya Rosalina Muda mengatakan PKK punya peran penting dalam pelaksanaan program kesehatan pemerintah daerah.

Salah satunya melalui kegiatan di Kelompok Kerja IV Tim Penggerak PKK. Di mana Pokja IV bertugas mengelola program kesehatan, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat.

“Tentunya kita berharap kader-kader aktif untuk mendata atau mengetahui masyarakat yang punya bayi balita yang umurnya 0-59 bulan untuk diberikan vitamin. Karena ini merupakan salah satu cara kita menjaga anak-anak masa depan kita supaya tetap sehat,” jelasnya.

Ia menuturkan selain untuk pertumbuhan dan kesehatan, vitamin A juga punya manfaat lain. Yakni berkaitan dengan imunitas atau kekebalan tubuh dari penyakit.

“Vitamin A juga tidak hanya untuk mata, tapi juga untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan kulit, kuku, dan rambut. Jadi manfaatnya banyak. Mudah-mudahan nanti dengan pemberian kapsul vitamin A ini anak-anak kita sehat semua,” ucapnya.

Penulis : Prokopim Kubu Raya/ Rio
Editor   : Hendra




Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini