Bupati KKU Relokasi Dua Gedung Puskesmas Rawat Inap di Karimata

Editor : Suhendra Yusri
Bupati Kayong Utara Citra Duani melihat sket bangunan gedung rawat inap Puskesmas Kecamatan Karimata di Desa Padang, Kecamatan Karimata, Kabupaten Kayong Utara, Jumat (21/8/2020). Sumber foto : Pemkab Kayong Utara
Kayong Utara (Suara Kalbar) - Bupati Kayong Utara, Citra Duani berharap pelayanan kesehatan (Yankes) dapat menjangkau ke seluruh Kepulauan Karimata dan masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan layanan kesehatan.
Hal ini disampaikannya saat menghadiri peletakan batu pertama relokasi Puskesmas Kecamatan Kepulauan Karimata di Desa Padang pada Jumat (21/8/2020) lalu.

"Pemerintah berupaya memberikan asas pemerataan terutama di wilayah kepulauan, mengingat penduduk terbanyak ada Desa Padang Pulau Karimata, tidak hanya pos kesehatan maka selayaknya Puskesmas  direlokasikan disini," ujar Citra Duani.

Citra Duani mengambil langkah untuk mendirikan Puskesmas di Desa Pelapis dari Anggaran DAK, lantaran mempertimbangkan daerah yang terdiri dari gugusan pulau dan jarak tempuhnya.

"Relokasinya berupa bangunan Puskesmas dengan layanan rawat inap sama dengan Desa Pelapis, ditambah rumah Dinas Dokter dan petugas Kesehatan Jadi masyarakat Karimata tidak perlu mengarungi lautan hanya untuk mendapatkan layanan Dokter dan rawat inap,” jelasnya.

Menurutnya kehadiran Puskesmas di Pulau Karimata tidak hanya untuk pelayanan kesehatan, namun dapat memberikan pemahaman Kesehatan dan gizi seimbang terutama bagi anak-anak kepulauan.

"Kita akan merekrut kembali dokter dan tenaga kesehatan khusus untuk menempati puskesmas Desa Padang. Kehadiran mereka secara perlahan merubah pradikma masyarakat yang masih mempercayai dukun sebagai tempat berobat,” katanya.

Prosesi buka tanah yang dilanjutkan peletakan batu pertama oleh Bupati, Wakapolres Kayong Utara, Anggota DPRD dan rombongan, serta disaksikan masyarakat yang menandakan proses pembangunan segera dimulai. Citra berharap pembangunan ini berjalan dengan lancar.

"Disaksikan dan diawasi oleh masyarakat, pembangunan ini harus tetap menjaga kuwalitas dan jangka waktu pengerjaannya. Saya akan melakukan sidak pada setiap pengerjaan," tegasnya

Penulis  :  Rilis Pemkab Kayong Utara/ Wiwin

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini