BPS Kalbar Apresiasi Partisipasi Pemkab Mempawah Sukseskan Sensus Penduduk Online

Editor : Diko Eno
Kepala BPS Kalbar, Moh Wahyu Yulianto, menyerahkan piagam penghargaan kepada Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi | Suarakalbar: Dian Sastra.
Mempawah (Suara Kalbar)-Pemerintah Kabupaten Mempawah kembali mendapat penghargaan. Kali ini dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Barat.

Penghargaan diberikan BPS karena pemerintah daerah dinilai ikut berpartisipasi aktif menyukseskan Sensus Penduduk Online (SP Online) Tahun 2020 yang dilaksanakan dalam kurun waktu Februari-Mei 2020.

Selasa (25/8/2020) di Kantor Bupati Mempawah, penghargaan diserahkan Kepala BPS Kalbar, Moh Wahyu Yulianto, kepada Wakil Bupati, Muhammad Pagi, yang didampingi Sekretaris Daerah, Ismail. Turut hadir, para pimpinan OPD Pemkab Mempawah dan Kepala BPS Mempawah, Leila Ayu Zanaria.

“Penghargaan ini kami berikan sebagai bentuk ucapan terima kasih kami atas dukungan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Mempawah dalam menyukseskan agenda besar SP Online 2020. Tercatat, ada 17 ribu warga Kabupaten Mempawah yang melaksanakan SP Online,” ungkap pria yang baru delapan bulan menjabat sebagai Kepala BPS Kalbar ini.

Pada kesempatan itu, Wahyu Yulianto kembali mengharapkan dukungan Pemkab Mempawah. Meski SP Online sudah dilaksanakan, tetapi masih ada tahapan lanjutan dari SP2020 yaitu secara offline atau konvensional dengan turun ke lapangan.

Sensus tersebut untuk memfasilitasi warga yang belum berpartisipasi dalam sensus secara online via website BPS yang sudah ditutup akhir Mei 2020.

“Karena seluruh penduduk wajib tercatat, sedangkan masih ada yang belum terakomodir dalam SP Online, maka kami akan kembali melaksanakan sensus penduduk lanjutan yang dimulai September 2020. Nanti proses pelaksanaan sensus lanjutan nanti akan berbeda dibanding sensus-sensus sebelumnya, karena dampak dari Pandemi Covid-19,” katanya.

Sementara itu Wakil Bupati Muhammad Pagi, mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan BPS Kalimantan Barat kepada Pemkab Mempawah. Ia menilai, penghargaan tersebut bisa didapatkan tentu tak terlepas dari kerja keras bersama antara pemerintah daerah, BPS dan masyarakat.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik antara Pemkab Mempawah dan BPS, terutama dalam upaya mengupdate seluruh penduduk Kabupaten Mempawah. Mudah-mudahan data tersebut bermanfaat dan bisa dimanfaatkan untuk peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Mempawah,” ucapnya.

Penulis : Dian Sastra
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini