BNN Mempawah Gelar Workshop Cegah Narkoba di Lingkungan Swasta

Editor : Redaksi II
Workshop P4GN di lingkungan swasta yang digelar BNN Kabupaten Mempawah sekaligus pengukuhan penggiat anti narkoba di Wisata Nusantara | Suarakalbar: Dian Sastra.
Mempawah (Suara Kalbar)-Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Mempawah terus menggencarkan sosialisasi Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Salahsatunya adalah dengan menggelar workshop di lingkungan perusahaan, khususnya sektor swasta di Wisata Nusantara Mempawah, Rabu (12/08/2020). Tak hanya sosialisasi, BNNK Mempawah dalam kegiatan ini juga membentuk penggiat anti narkoba.

Kepala BNNK Mempawah, AKBP AH Daulay, dalam sambutannya mengatakan, workshop di lingkungan swasta digelar untuk membangun sinergitas antara BNNK Mempawah dengan masyarakat melalui program pemberdayaan dalam rangka mencegah masuknya narkoba di lingkungan perusahaan.

Menurutnya, pemasalahan penyalahgunaan narkoba telah merambah di semua tatanan kehidupan masyarakat. Karenanya, diperlukan upaya-upaya pencegahan dan pemberdayaan masyarakat yang komprehensif dan berkesinambungan.

“Saya berharap, para perwakilan perusahaan yang mengikuti workshop ini, setelah nantinya dikukuhkan sebagai penggiat anti narkoba, dapat berpartisipasi aktif. Misalnya, menjadi perpanjangan tangan BNN dalam mensosialisasikan P4GN di lingkungan perusahaan masing-masing,” imbuh AH Daulay.

Pada diri seorang penggiat narkoba, tambahnya, telah melekat amanah dan tanggung jawab untuk bersama-sama menyelamatkan bangsa dan negara ini dari bahaya narkoba. Jangan pernah lelah untuk mensosialisasikan bahaya penyalahgunaan narkoba.

“Besar harapan kami di BNNK Mempawah, para penggiat narkoba dapat juga menjadi pelopor untuk hidup dan bekerja yang bersih dari narkoba. Dalam upaya P4GN ini, mulai lah dari hal-hal yang sederhana, misalnya sosialisasi dari teman kerja terdekat, dan terus diperluas hingga ke seluruh jenjang perusahaan,” imbuh AH Daulay.

Dalam workshop ini, BNNK Mempawah menghadirkan sejumlah narasumber dari internal BNNK terkait teknik sosialisasi P4GN. Selanjutnya, Pelaksana Tugas Kabid Yankesfar Dinas Kesehatan Kabupaten Mempawah, Harun Arrasyid, yang menyampaikan materi tentang dampak penyalahgunaan narkoba bagi organ tubuh.

Kemudian, Kasat Reserse Narkoba Polres Mempawah, Iptu Eldig Hernowo, memberikan materi tentang aspek hukum dalam PAGN, termasuk menjelaskan upaya-upaya Polres Mempawah dalam sosialisasi hingga penindakan yang telah dilakukan selama ini.

Para peserta juga diminta mengisi kuesioner untuk mengukur sejauh mana tingkat partisipasi perusahaan dalam mensosialisasikan, sekaligus memaparkan perencanaan program P4GN di lingkungan masing-masing.

Di akhir workshop, usai dikukuhkan sebagai penggiat anti narkoba, para perwakilan perusahaan menerima piagam dan pin anti narkoba dari BNN Kabupaten Mempawah.

Penulis : Dian Sastra
Editor    : Diko Eno
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini