7 Cara Kerja Sama dengan Influencer Sesuai Budget dan Target Pasar

Editor : Redaksi II
Ilustrasi kamera. (Pixabay/pexels)
Suara Kalbar - Seiring semakin maraknya tren influencer marketing, tak heran jika banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara kerja sama dengan influencer. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara memilih influencer yang tepat untuk brand Anda. Bekerja dengan mega-influencer, misalnya, memang sangat baik untuk brand awareness. Namun kampanye micro influencer malah terbukti punya performa yang baik dalam hal engagement dan konversi. Lebih detailnya, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Jenis-jenis Influencer
Sebelum membahas tentang bagaimana cara kerjasama dengan influencer, sebaiknya Anda mengetahui jenis-jenis influencer terlebih dahulu.

Mega-influencers, mempunyai follower mencapai jutaan. Biasanya, mereka adalah kalangan selebritas yang menggunakan media online untuk berhubungan dengan fanbase yang sudah ada sebelumnya. Dengan jumlah pengikut yang besar ini, maka bagaimanapun, engagement para influencer ini terbatas dari 2 sampai dengan 5% saja.

Macro-influencer, mempunyai 10 ribu sampai dengan 1 juta follower, dan engagement mereka biasanya sekitar 5 sampai dengan 25%. Jumlah follower micro-influencer ini mungkin lebih rendah dari 500, tapi dengan audiens yang kuat afinitasnya, maka mereka bisa meraih engagement hingga 50%.
Cara Kerja Sama dengan Influencer

Ilustrasi selfie [shutterstock]
Ilustrasi promosi produk. [shutterstock]
Ada beberapa tips yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih influencer yang tepat, yaitu:
  1. Sesuaikan dengan budget yang Anda siapkan untuk marketing.
  2. Pilihlah yang cocok dengan target pasar bisnis Anda.
  3. Mulailah strategi influencer marketing Anda dengan menentukan skala promosi yang akan dilaksanakan.
  4. Selalu pilih influencer yang memiliki reputasi baik di bidangnya.
  5. Keterikatan atau engagement antara influencer dengan follower juga perlu Anda cermati. Sebab, hal itu bisa menjadi sebuah tolok ukur bagaimana promosi produk Anda akan menyentuh calon konsumen Anda.
  6. Pastikan juga intensitas influencer dalam melakukan posting.
  7. Yang tidak kalah pentingnya, selalu buatlah perjanjian yang jelas dengan influencer Anda.
Itulah beberapa informasi penting tentang influencer marketing yang perlu Anda pahami. Ingat, bahwa influencer yang Anda pilih harus bisa membangun citra positif brand atau produk Anda. Jangan sampai Anda malah mempertaruhkan kelangsungan bisnis Anda dengan memilih orang yang keliru.

 Sumber : Suara.com, Selengkapnya DISINI
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini