SUARAKALBAR.CO.ID
Beranda News 7 Cara Kerja Sama dengan Influencer Sesuai Budget dan Target Pasar

7 Cara Kerja Sama dengan Influencer Sesuai Budget dan Target Pasar

Ilustrasi kamera. (Pixabay/pexels)

Suara Kalbar – Seiring semakin maraknya tren influencer marketing, tak heran jika banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara kerja sama dengan influencer. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara memilih influencer
yang tepat untuk brand Anda. Bekerja dengan mega-influencer, misalnya,
memang sangat baik untuk brand awareness. Namun kampanye micro
influencer malah terbukti punya performa yang baik dalam hal engagement
dan konversi. Lebih detailnya, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Jenis-jenis Influencer

Sebelum membahas tentang bagaimana cara
kerjasama dengan influencer, sebaiknya Anda mengetahui jenis-jenis
influencer terlebih dahulu.

Mega-influencers,
mempunyai follower mencapai jutaan. Biasanya, mereka adalah kalangan
selebritas yang menggunakan media online untuk berhubungan dengan
fanbase yang sudah ada sebelumnya. Dengan jumlah pengikut yang besar
ini, maka bagaimanapun, engagement para influencer ini terbatas dari 2
sampai dengan 5% saja.

Macro-influencer, mempunyai 10 ribu
sampai dengan 1 juta follower, dan engagement mereka biasanya sekitar 5
sampai dengan 25%. Jumlah follower micro-influencer ini mungkin lebih
rendah dari 500, tapi dengan audiens yang kuat afinitasnya, maka mereka
bisa meraih engagement hingga 50%.

Cara Kerja Sama dengan Influencer

Ilustrasi selfie [shutterstock]
Ilustrasi promosi produk. [shutterstock]

Ada beberapa tips yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih influencer yang tepat, yaitu:

  1. Sesuaikan dengan budget yang Anda siapkan untuk marketing.
  2. Pilihlah yang cocok dengan target pasar bisnis Anda.
  3. Mulailah strategi influencer marketing Anda dengan menentukan skala promosi yang akan dilaksanakan.
  4. Selalu pilih influencer yang memiliki reputasi baik di bidangnya.
  5. Keterikatan
    atau engagement antara influencer dengan follower juga perlu Anda
    cermati. Sebab, hal itu bisa menjadi sebuah tolok ukur bagaimana promosi
    produk Anda akan menyentuh calon konsumen Anda.
  6. Pastikan juga intensitas influencer dalam melakukan posting.
  7. Yang tidak kalah pentingnya, selalu buatlah perjanjian yang jelas dengan influencer Anda.

Itulah
beberapa informasi penting tentang influencer marketing yang perlu Anda
pahami. Ingat, bahwa influencer yang Anda pilih harus bisa membangun
citra positif brand atau produk Anda. Jangan sampai Anda malah
mempertaruhkan kelangsungan bisnis Anda dengan memilih orang yang
keliru.

 Sumber : Suara.com, Selengkapnya DISINI

Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya

Join now
Komentar
Bagikan:

Iklan