5 Makanan Ini Harus Dihindari oleh Penderita Maag

Editor : Eno
Ubi, salah satu makanan yang harus dihindari penderita maag. (shutterstock)
Suara Kalbar - Bagi penderita maag, ada sederet aturan makan yang harus ditaati untuk mencegah lambung bermasalah. Pasalnya, beberapa kebiasaan makan yang salah, serta jenis makanan tertentu, bisa memicu gangguan lambung yang membuat Anda sulit beraktivitas.

Lalu, makanan apa saja yang sebaiknya dihindari oleh penderita maag? Ini dia 5 di antaranya, seperti mengutip Times of India, Senin (31/8/2020).

1. Nangka
Buah nangka merupakan sumber makanan yang kaya vitamin A, C, thiamin, kalium, kalsium, riboflavin, zat besi, niasin, dan seng. Meski begitu, nangka bukan pilihan yang tepat untuk orang yang punya penyakit lambung. Hal ini karena nangka bisa meningkatkan produksi gas di dalam lambung.

2. Ubi
Uumbi-umbian dikenal sebagai salah satu sumber karbohidrat pengganti nasi. Tapi untuk mereka yang punya masalah dengan lambung, sebaiknya hindari ubi yang rasanya sangat manis ini. Seperti kita tahu, ubi bisa menyebabkan perut kembung dan meningkatkan produksi gas di dalam lambung.

3. Lobak putih
Masuk dalam kategori sayuran, lobak sering digunakan untuk pada sop atau soto. Sayangnya, sama seperti ubi dan nangka, lobak juga bisa meningkatkan produksi gas di lambung, sehingga tidak baik dikonsumsi oleh penderita maag.

4. Kacang Chickpea (kacang Arab)
Kacang ini banyak tumbuh dan dikonsumsi wilayah Asia Timur seperti India dan Arab. Kacang chickpea kerap dijadikan buah tangan oleh orang yang pergi umroh atau naik haji. Tapi jangan kebanyakan, ya, karena jenis kacang ini bisa menghasilkan gas di lambung. Kebanyakan mengonsumsi kacang ini juga berisiko membuat sembelit.

Sumber : Suara.com, Selengkapnya DISINI
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini