16 Kasus Baru Terkonfirmasi Covid-19, Diantaranya Dua Warga Kapuas Hulu Terpapar Dari Jember

Editor : Suhendra Yusri
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson
Pontianak (Suara Kalbar) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson mengatakan hingga Sabtu (29/8/2020)  terdapat 16 kasus baru terkonfirmasi Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan Laboratorium Universitas Tanjungpura.

"Jadi pada hari ini tanggal 29 Agustus tahun 2020 berdasarkan hasil pemeriksaan Laboratorium Universitas Tanjungpura pada tanggal 28 Agustus 2020 di Kalimantan Barat terdapat 16 orang tambahan kasus konfirmasi Covid-19," ujar Harisson kepada awak media saat konperensi pers, Sabtu (29/8/2020).

Dia menjelaskan keenam belas orang yang terkonfirmasi Covid-19 ini berasal dari Kota Pontianak, Kabupaten Ketapang, dan juga Kabupaten Kapuas Hulu.

"Keenam belas orang ini di Pontianak 10 orang, di Ketapang 2 orang, di Kapuas Hulu 4 orang," katanya.

Untuk di Kabupaten Ketapang, Harisson menjelaskan satu orang Anggota DPRD Ketapang yang dinyatakan positif Covid-19 serta seorang staf Sekretariat di DPRD Ketapang.

Sedangkan di Kabupaten Kapuas Hulu, kata Harisson terdapat 4 orang yang dua diantaranya adalah pelaku perjalanan berasal dari Jember dan dua orang tersebut melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat.

"Untuk di Kapuas Hulu ini ada 4 orang dua diantaranya adalah pelaku perjalanan dari Jember. Jadi dua orang ini dari Jember lalu ke Surabaya, Surabaya terbang ke Jakarta,dari Jakarta ke Pontianak lalu dari Pontianak ke Putussibau dia menggunakan pesawat," jelasnya.

Dia mengatakan dua orang tersebut menghadiri acara pernikahan kerabatnya di Kecamatan Badau Kapuas Hulu. Setelah acara mereka merasakan demam dan dilakukan Swab oleh Tim Gugus Tugas Kapuas Hulu termasuk juga beberapa anggota keluarganya yang hasilnya menyatakan positif Covid-19.

"Setelah acara itu mereka demam lalu di Swab oleh tim di Kapuas Hulu termasuk dengan keluarga ada beberapa yang ditempat mereka melaksanakan resepsi ini, ada dua orang keluarga di Badau.  Jadi dua orang pelaku perjalanan dari Jember dua orang adalah yang punya hajat, dua orang ini sudah menularkan keluarganya di Badau," jelasnya.

Menurutnya, keempat orang tersebut sedang dirawat di rumah sakit di Badau. Sedangkan untuk maskapai serta tanggal penerbangan sedang dicari informasinya oleh Tim Gugus Tugas Kapuas Hulu.

"Keempat pasien ini sekarang dalam keadaan demam dan dia ada di Badau dan mereka akan dirawat dirumah sakit di Badau. Untuk maskpai penerbangan tanggal penerbangan mereka ke Pontianak maupun ke Putussibau itu sedang di cari datanya oleh Gugus Tugas kita Kapuas Hulu maupun di kecamatan Badau, dan tadi pagi mereka sudah mencari tracing dan kami sedang menunggu hasil tracking ini," lanjutnya.

Disampaikannya pula pada hari Ini terdapat kasus kesembuhan, ada 31 orang yang dinyatakan sembuh. Kabupaten Ketapang sebanyak 21 orang, di Kabupaten Kapuas Hulu 6 orang, Kabupaten Landak 3 orang dan Kota Pontianak 1 orang.

Dengan demikian, berdasarkan data sampai hari ini di Kalimantan Barat terdapat 627 kasus konfirmasi Covid-19 yang dimana 540 orang dinyatakan sembuh dan 5 orang dinyatakan meninggal dunia.

Penulis   : Yapi Ramadhan 

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini