Wakapolres Cek Pengamanan Salat Ied di Mempawah

Editor : Suhendra Yusri
Wakapolres Mempawah, Kompol Bermawis memantau pelaksanaan pengamanan Salat Ied di Masjid Agung Al-Falah.
Mempawah (Suara Kalbar)-Memastikan pelaksanaan pengamanan Salat Ied berjalan baik, Wakapolres Mempawah, Kompol Bermawis, berkeliling masjid untuk melakukan pengecekan anggotanya, Jumat (31/7/2020).

Saat turun ke lapangan, Kompol Bermawis memantau proses pengamanan di empat masjid yang menggelar Salat Ied. Yakni, Masjid Agung Al-Falah, Masjid At-Taqwa, Masjid Al-Wasilah dan Masjid Syuhada.

“Personel untuk pengamanan ini juga kita arahkan untuk mengawal penerapan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Meski sekarang kita memasuki era Adaptasi Kebiasaan Baru, kita berharap masyarakat tetap waspada,” imbuhnya.

Dalam patroli itu juga, Wakapolres berdialog dengan personel Polres Mempawah. Ia berharap, personel yang melakukan pengamanan di masjid, untuk tetap bersikap humanis, terutama jika ada warga yang tak mengenakan masker.

“Tolong sampaikan pesan-pesan yang baik, sehingga warga yang hendak Salat Ied dapat menerima ketika kita memberikan imbauan agar mengenakan masker. Tunjukkan peran kita sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” ujarnya kepada personel Polres Mempawah.

Dari patroli di empat masjid yang menggelar Salat Ied, Bermawis mengaku, cukup puas lantaran telah mentaati protokol kesehatan. Misalnya, mengenakan masker, tidak berkerumun, menjaga kebersihan masjid dan mencuci tangan sebelum masuk ke kawasan masjid untuk menuju tempat wudhu.

“Kita juga mengapresiasi kepatuhan seluruh pengurus masjid yang telah berupaya menjalankan protokol kesehatan. Kita lihat, di jalur-jalur pintu masuk, telah disiapkan sarana cuci tangan dan pemasangan imbauan kepada jamaah untuk mengenakan masker. Ini baik dan kita ucapkan terima kasih,” tukasnya.

Terkait pengawalan protokol kesehatan di lokasi pemotongan hewan kurban, Bermawis mengungkapkan, Polres Mempawah sejak jauh-jauh hari telah berkoordinasi dengan para pengurus masjid maupun pihak-pihak yang berencana memotong hewan kurban.

“Merujuk Fatwa MUI, Surat Edaran Menteri Agama RI, serta imbauan Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Mempawah, kita sampaikan harapan agar setiap tahapan pemotongan hewan kurban hendaknya menerapkan protokol kesehatan demi keselamatan kita bersama,” tutup Bermawis.

Penulis     : Dian Sastra
Editor : Hendra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini