Satuan Polairud Gelar Patroli, Deteksi Dini Gangguan di Perairan Wajok

Hendra YS
Satuan Polairud Polres Mempawah melaksanakan legiatan patroli dan pengamanan alur di perairan Wajok Kecamatan Jongkat dalam rangka pengawasan keselamatan lalu lintas pelayaran kapal-kapal di wilayah itu, Minggu (12/7/2020).

Mempawah (Suara Kalbar)- Satuan Polairud Polres Mempawah melaksanakan kegiatan patroli dan pengamanan alur di perairan Wajok, Kecamatan Jongkat, dalam rangka pengawasan keselamatan lalu lintas pelayaran kapal-kapal di wilayah itu, Minggu (12/7/2020).

Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga, melalui Kasat Polairud, Iptu Bambang Hermanto, mengatakan, kegiatan patroli ini juga dirangkai dengan pemeriksaan dokumen-dokumen kapal yang melintas maupun yang sandar di sejumlah dermaga alur perairan Wajok.

“Tujuannya adalah deteksi dini untuk menciptakan rasa aman sekaligus menjaga situasi kamtibmas bagi masyarakat perairan di kawasan tersebut. Kita tidak ingin terjadi tindakan ilegal ataupun perbuatan melawan hukum,” tegas Bambang.

Terhadap para ABK, petugas Satuan Polairud juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas yang humanis, misalnya imbauan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas di atas kapal.

Kemudian, tambah Bambang, jika selama dalam pelayaran menemukan hal-hal mencurigakan, atau mendapatkan sesuatu kendala, agar cepat melapor ke petugas Satuan Polairud. Dengan demikian dapat segera diberikan bantuan penanganan.

Begitu pula kepada ABK yang kapalnya tambat di Dermaga PT Era Wajok, petugas Satuan Polairud memberikan edukasi agar selalu mengenakan masker, berhati-hati dalam bekerja, serta mengutamakan keselamatan bersama.

“Para ABK kita tekankan agar bekerja dengan baik, tidak meninggalkan kapal dalam keadaan kosong karena dapat membahayakan keselamatan kapal itu sendiri dan bisa mengundang terjadinya tindak kriminal,” jelas Bambang.

Penulis : Dian Sastra
Editor  : Hendra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini