|

Satu Warga Positif Covid-19 di Sungai Pinyuh, Delapan Orang Terkontak Diambil Swab

Delapan anggota keluarga M (23), warga Sungai Pinyuh yang terkonfirmasi positif Covid-19 dilakukan pengambilan swab, Kamis (2/7/2020).
Mempawah (Suara Kalbar)- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Sungai Pinyuh bergerak cepat mengambil swab delapan anggota keluarga M (23), warga Sungai Pinyuh, yang terkonfirmasi Positif Covid-19.

M merupakan warga Sungai Pinyuh, berjenis kelamin perempuan, terkonfirmasi positif Covid-19 dengan status OTG (Orang Tanpa Gejala), setelah hasil uji laboratorium kesehatan RS Untan Pontianak diumumkan secara resmi oleh Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji  pada  Rabu (1 /7/2020).

Tim Gugus Tugas Sungai Pinyuh yang dipimpin Daeng Dicky Armeina, bergerak ke kediaman M. Ia didampingi Tim Cepat Tanggap Puskesmas Rawat Inap Sungai Pinyuh dipimpin dr Riska Susanti, Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat pada Kamis (2/7/2020).

Daeng Dicky Armeina, yang juga Camat Sungai Pinyuh, ketika dihubungi mengatakan, kedatangan Tim Gugus Tugas Sungai Pinyuh ke kediaman M, adalah untuk melakukan tindakan Penyelidikan Epidemiologi (PE) terhadap pasien positif dan anggota keluarganya.

“Sesuai Prosedur Penanganan Covid-19, terhadap pasien positif dilakukan tindakan tes swab dengan mengambil sampel lendir hidung dan tenggorokan untuk kemudian diuji kembali di laboratorium kesehatan,” ungkap Daeng Dicky.

Selanjutnya, kata Daeng Dicky, sampel swab juga diambil terhadap delapan orang anggota keluarganya untuk menelusuri apakah telah terjadi penyebaran dan penularan Covid-19 di sekitar tempat tinggal M.

“Selama proses tindakan PE yang kami lakukan, pasien positif Covid-19 dan anggota keluarganya dalam keadaan sehat tanpa ada keluhan gangguan kesehatan. Kita berharap, mereka tetap sehat agar lebih mudah ditangani,” ujar Daeng Dicky lagi.

Setelah dilakukan PE ini, maka M dan delapan anggota keluarganya diberlakukan prosedur penanganan isolasi mandiri di rumah. Nantinya, Tim Gugus Tugas dan Tim Puskesmas Rawat Inap Sungai Pinyuh akan melakukan pengawasan dan monitoring secara berkala terhadap M dan anggota keluarganya.

Terkait satu kasus baru positif Covid-19 di Kecamatan Sungai Pinyuh ini, Daeng Dicky meminta masyarakat tidak perlu panik. Yang penting, masyarakat harus tetap menjaga protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19. Misalnya, menjaga jarak dan menghindari kerumunan (physical distancing), mengenakan masker, selalu mencuci tangan dan mengkonsumsi makanan bergizi.

“Mudah-mudahan ini kasus terakhir Covid-19 di Kecamatan Sungai Pinyuh. Mari bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam aktivitas sehari-hari,”  katanya.

Penulis : Dian Sastra
Editor   : Hendra

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini