Satu Suara Sah Rp 8.508, Parpol di Mempawah Terima Bantuan Rp. 1,182 Miliar

Editor : Dina Prihatini Wardoyo
Bupati Mempawah didampingi Wakil Bupati Muhammad Pagi dan Sekda Ismail menyerahkan bantuan kepada pimpinan partai politik.
Mempawah (Suara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Mempawah memberikan bantuan keuangan kepada 10 partai politik (parpol) hasil Pemilu 2019 yang memiliki keterwakilan di DPRD Mempawah.

Bantuan diserahkan Bupati Mempawah, Erlina, kepada pimpinan atau perwakilan parpol penerima, di Kantor Bupati Mempawah, Rabu (29/07/2020). Total Rp. 1,182 miliar dialokasikan dalam APBD Mempawah tahun 2020.

Pemberian bantuan keuangan tersebut sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2009 tentang Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik. Serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2018 tentang Tata Cara Perhitungan Penganggaran Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Berdasarkan Keputusan Bupati Nomor 76 Tahun 2020, besaran bantuan yang diterima masing-masing parpol adalah sesuai suara sah yang diperoleh dalam Pemilu 2019. Secara keseluruhan, perolehan suara dari 10 parpol adalah 138.996 suara. Besaran bantuan per suara dari pemerintah daerah adalah Rp. 8.508 yang jika ditotalkan jumlahnya mencapai Rp.1.182.577.968.

Adapun 10 parpol yang mendapat bantuan keuangan yaitu Golkar, Demokrat, Nasdem, Hanura, Gerindra, PDI Perjuangan, PKB, PKS, PAN dan PPP.

Namun dari 10 parpol yang mengajukan proposal, baru 8 parpol yang memenuhi syarat menerima bantuan, sedangkan 2 lainnya belum, rinciannya 1 parpol masih proses perbaikan berkas serta 1 parpol lainnya belum menyerahkan berkas.

Dalam sambutannya, Bupati Erlina mengungkapkan penyerahan bantuan keuangan ini menjadi momentum silaturahmi antara pengurus parpol yang mendapatkan bantuan keuangan dengan pemerintah daearah. Oleh karena itu, ia mengharapkan bantuan dan kerjasama antara pemerintah daerah dengan komponen parpol.

“Parpol yang notabene merupakan mitra kerja pemerintah dalam rangka mensukseskan pembangunan di Kabupaten Mempawah, baik sekarang maupun yang akan datang, Karena bagaimanapun itu semua merupakan tanggungjawab kita bersama-sama,” ujarnya.

Bupati menyebut bahwa dalam pelaksanaan tugas selaku bupati dan wakil bupati masa periode 2019-2024, parpol sebagai mitra kerja pemerintah daerah dalam melanjutkan pembangunan Kabupaten Mempawah memerlukan persamaan persepsi dan kerjasama yang baik. Karena itu bisa menjadi modal memajukan daerah.

“Insya Allah dengan kerjasama yang baik ini, berbagai halangan maupaun hambatan yang kita hadapi akan menjadi mudah untuk terselesaikan dengan baik. Untuk itulah, kami berharap kepada pimpinan partai yang saat ini hadir kami mohon kerjasama dalam pelaksanaan pemerintah yang baik,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati Erlina mengatakan berdasarkan PP Nomor 1 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas PP Nomor 5 tahun 2009 tentang Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik menyebutkan bahwa besaran bantuan keuangan kepada parpol untuk tingkat kabupaten/kota sebesar Rp.1.500, per suara sah.

“Tetapi kita patut bersyukur, karena Kabupaten Mempawah sesuai dengan kemampuan keuangan daerah ternyata dapat mengalokasikan bantuan keuangan kepada parpol dengan besaran Rp.8.508, per suara yang sah,” ungkap dia.

Karenanya, ia mengharapkan pimpinan parpol agar dalam penggunaan dana tersebut dapat sesuai dengan ketentuan peraturan pemerintah. Yaitu diprioritaskan untuk pendidikan politik bagi anggota parpol dan masyarakat.

“Jadi tolong bantuan keuangan ini dapat digunakan sebaik-baiknya, terutama untuk meningkatkan pendidikan politik masyarakat,” ujarnya.

Tidak lupa, Bupati Erlina berpesan kepada pimpinan parpol bahwa tertib waktu dan tertib naskah administrasi adalah bagian dari kerja yang harus diupayakan apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

“Setelah pertemuan ini, kami akan menyalurkan bantuan keuangan parpol yang telah memenuhi kelengkapan administrasinya. Bagi yang belum lengkap, kami harapkan untuk segera menyelesaikan persyaratan pencairannya,” katanya.

Penulis : Dian Sastra
Editor   : Dina Wardoyo
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini