Satgas TMMD ke108 Ketapang Mengikuti Ritual Pengobatan Tradisional

Editor : Diko Eno
Satgas TMMD ke108 Ketapang Mengikuti Ritual Pengobatan Tradisional
Ketapang (Suara Kalbar) – Jum’at (24/7/20) personel Satgas TMMD Reguler Ke-108 Kodim 1203/Ketapang, Prada Kasianus mengikuti ritual pengobatan secara adat  didesa Beringin Rayo, Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang.

Masyarakat desa beringin rayo yang dilandasi kearifan local serta selalu mempertahankan budaya serta adat istiadat, untuk menjaga keseimbangan alam dan terpeliharaanya norma dan tatanan hidup bermasyarakat.

Berda di rumah bapak Edi (50), Prada Kasianus malakukan Pengobatan secara tradional  atau secara adat yang dinamakan bersih bersih, bersama bapak Edi sebagai Tokoh adat desa, yang dimana kegiatan tersebut membersikan diri dari gangguan mahluk yang tak kasat mata serta membersihkan diri dari penyakit hati.

Hal ini menunjukkan adanya kepedulian dan kerja sama. Adat dan budaya manusia tidak dapat dipungkiri peranannya sebagai ritual atau kepercayaan masyarakat.

bapak Edi, mengatakan, dilakukanya ritual adat ini, merupakan tradisi dimana untuk menyembuhkan seseorang dari gangguan mahluk halus dan membersihkan diri dar penyakit hati.


 Rilis Pendim 1203
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini