Satgas TMMD ke-108 Ketapang Mencoba Budaya Nyirih

Editor : Diko Eno
Satgas TMMD ke-108 Ketapang Mencoba Budaya Nyirih
Ketapang (Suara Kalbar) –  Praka Basuki Personel satgas TMMD Reguler ke-108 Kodim 1203/Ketapang mencoba budaya yang berada di Desa Beringin Rayo Kec. Tumbang Titi Kab. Ketapang seperti makan sirih atau “Nyirih”,Senin (27/7/20).

Banyak cara yang bisa dilakukan para prajurit TNI untuk mendekatkan diri dengan warga lokal. Terlebih saat mengisi waktu senggangnya usai mengerjakan program TMMD Reguler ke-108 Kodim 1203/Ketapang. Salah satunya dengan mencoba pengalaman memakan sirih atau warga desa menyebutnya “Nyirih”.

Praka Basuki mencoba budaya daerah setepat yang dimana baru pertama di alaminya, “Nyirih” atau makan sirih yang disuguhkan ibu Sila ketika bersiraturahmi kerumahnya, lantas Praka Basuki pun menerima ajakan ibu sila tersebut untuk memakan sirih.

“Bagi saya, ini pengalaman berharga bisa membantu mencoba pengalaman warga. Meski baru mencoba tetapi saya ikut menikmatinya, '' ungkapnya.

Praka Basuki mengatakan makan sirih memiliki filosofi sebagai pemersatu bangsa juga bertujuan menguatkan tali silaturahmi dengan warga serta memiliki arti tersendiri bagi warga bila kita menerima ajakan makan sirih tersebut, juga tradisi yang digukan untuk merawat gigi agar tetao kuat dan sehat.

Ibu Sila Mengatakan makan sirih merupaka budaya kita, yang harus tetap dilertarikan dimana pada jaman dahulu sirih lah sebagai kepala meja (hidangan Pembuka) serta pembuka kata bila kita akan meminang atau meminta anak gadis kepada orang tuanya untuk di jadikan istri

 Pendim 1203
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini