Rawan Begal, Kawasan Purun-Wajok Minim Penerangan Jalan

Editor : Diko Eno
 Riduan HM Yusuf.[Istimewa]
Mempawah (Suara Kalbar)- Anggota DPRD Mempawah, Riduan HM Yusuf, meminta Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup agar segera memasang instalasi lampu penerangan jalan di kawasan Desa Purun Kecil hingga ke batas kota Wajok Hulu.

Pria yang akrab disapa Wowon ini mengatakan, berdasarkan pemantauannya, di kawasan Purun-Wajok masih sangat minim lampu penerangan jalan. Selain ada lampu yang putus karena tak diganti baru, banyak juga yang belum terjangkau pemasangan instalasi penerangan jalannya.

“Minimnya penerangan jalan bisa memicu kecelakaan lalu lintas dan tindak kriminal. Belum lama ini, di Air Hitam, Desa Peniti Luar, Kecamatan Jongkat, terjadi tindak pembegalan karena kawasan tersebut gelap dan sepi,” ungkap Legislator PAN Dapil Jongkat-Segedong ini.

Menurut Wowon lagi, banyak sekali manfaat penerangan jalan ini. Misalnya, menghasilkan kekontrasan antara obyek dan permukaan jalan. Sebagai alat bantu navigasi pengguna jalan. Kemudian, meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan khususnya di malam hari.

“Dan yang tak kalah penting, penerangan jalan bermanfaat untuk mendukung keamanan lingkungan dan memberikan keindahan lingkungan jalan,” ungkap Wowon.

Terkait ada lampu jalan bertenaga surya yang dipasang Pemerintah Provinsi Kalbar, Wowon mengatakan, fakta di lapangan ternyata tak banyak membantu. Sebab ia mendapat laporan, banyak lampu-lampu tersebut tidak menyala lagi. Selain rusak, ada juga accu dan solar charge-nya yang hilang karena dicuri.

Karenanya, Wowon menyarankan, agar Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Mempawah melaksanakan pemasangan lampu jalan dengan instalasi listrik, dan tidak dengan mekanisme lampu tenaga surya.

“Silakan anggarannya ajukan ke DPRD Mempawah, nanti kami yang akan membantu memperjuangkan agar dapat segera terealisasi, mengingat lampu penerangan jalan ini sangat vital untuk kebutuhan transportasi jalan raya di masa mendatang,” pungkas Wowon.



Penulis : Dian Sastra
Editor   : Diko Eno
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini