Polsek Siantan Gelar Buka Puasa Tarwiyah Bersama Santri Pondok Pesantren

Editor : Suhendra Yusri
Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono memasangkan masker kepada santri Pondok Pesantren Khairul Munajah di Aula Mapolsek.
Mempawah (Suara Kalbar)-Polsek Siantan terus berupaya menjalin kemitraan dengan berbagai elemen masyarakat dalam upaya menciptakan situasi kamtibmas. Terlebih dalam bidang keagamaan dalam rangka meningkatkan iman dan takwa.

Diantaranya digelar buka puasa Tarwiyah bersama pimpinan dan santri Pondok Pesantren Khairul Munajah di Aula Mapolsek Siantan, Rabu (29/7/2020).

Tampak hadir, Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono beserta sejumlah anggota dan Ustadz Syafei, pimpinan Pondok Pesantren Khairul Munajah yang beralamat di Desa Sungai Nipah, Kecamatan Jongkat.

Kegiatan diawali doa selamatan dan dilanjutkan dengan buka puasa Tarwiyah bersama. Selanjutnya, salat Maghrib berjamaah. Bertindak sebagai imam, Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono. Usai salat, dilaksanakan penyerahan bantuan masker dan 20 bibit mangga Harum Manis kepada Ustadz Syafei.

Menurut Rahmad Kartono, puasa Tarwiyah adalah puasa yang dijalankan di hari kedelapan Dzulhijjah. Puasa ini dianjurkan bagi umat muslim yang tidak berhaji. Keutamaan puasa Tarwiyah adalah dapat menghapus dosa orang yang berpuasa.

“Kami sangat berterima kasih kepada Ustadz Syafei dan santri Pondok Pesantren Khairul Munajah Desa Sungai Nipah yang telah meluangkan waktu untuk berbuka puasa Tarwiyah bersama kami di aula Mapolsek Siantan. Semoga kemitraan ini dapat terjalin semakin erat di masa mendatang,” ungkapnya.

Pondok pesantren, kata Rahmad Kartono, memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat serta keberagaman. Karena di pesantren, para santri diajarkan dan dibina agar menjadi sosok yang intelektual serta berkepribadian yang agamis.

“Jika membaca literaratur sejarah, peranan pondok pesantren dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, serta menjaga keutuhan NKRI, sangat besar dan tak perlu diragukan lagi. Karena itu lah, kami sangat menghargai peranan pesantren dalam menjaga situasi kamtibmas, khususnya di wilayah hukum Polsek Siantan,” katanya.

Penulis : Dian Sastra
Editor   : Hendra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini