Pemerintah Harus ‘Inkubasi’ UMKM Agar Siap Masuk ke Ekosistem Digital
Ilustrasi UMKM. |
Suara Kalbar- Pemerintah menargetkan bahwa di tahun 2020 ini, akan ada sekitar 10
juta pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM, yang mulai
mendigitalisasi usahanya agar bisa mulai masuk ke ekosistem digital atau market place.
Karenanya,
Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM, Ahmad Zabadi
menegaskan, perlu adanya pembinaan dan proses inkubasi, agar para pelaku
UMKM tersebut bisa memulai langkah itu serta bertahan di dalamnya.
“Supaya para pelaku UMKM yang misalnya saat ini sudah ada di marketplace, bisa tetap bertahan dan memiliki transaksi yang berkelanjutan,” kata Ahmad dalam telekonferensi, Jumat 10 Juli 2020.
Ahmad menjelaskan, menurut data yang dimiliki Kemenkop UKM, banyaknya
UMKM yang gagal bersaing dan bertahan di ranah market place, umumnya
disebabkan oleh daya saing produk yang masih belum ‘siap tempur’.
Hal
itu bahkan masih kerap berkutat pada rendahnya respons saat konsumen
menghubungi mereka, atau bahkan kesiapan produk yang akan dipasarkan itu
sendiri.
“Kegagalan para pelaku UMKM di market place biasanya adalah karena produk dan pelaku belum siap,” ujar Ahmad.
Padahal, Ahmad menilai bahwa perubahan pola konsumsi masyarakat di
masa pandemi COVID-19 saat ini, di mana interaksi dengan dunia luar
dibatasi dan terjadi peningkatan aktivitas belanja daring, merupakan
peluang besar yang harus segera dimanfaatkan oleh pada pelaku UMKM.
Apalagi,
bagi para UMKM yang sudah terhubung dan berada di ekosistem digital,
hal ini seharusnya sudah bisa direspons dengan semakin menggiatkan promo
agar usahanya bisa terus maju dan berkembang.
Namun, lanjut
Ahmad, pihaknya menyayangkan karena ternyata peluang tersebut belum bisa
dimanfaatkan secara optimal oleh para pelaku UMKM. Sebab, dari sekitar
64 juta populasi UMKM yang ada di Indonesia saat ini, baru sekitar 13
persen saja yang sudah terhubung ke ekosistem digital.
“Makanya
pemerintah perlu terlibat dalam upaya-upaya meningkatkan literasi
tentang manfaat memasuki ekosistem digital bagi UMKM, serta langkah
pelatihan dan inkubasi untuk mengakselerasi kesiapan mereka,” ujarnya.
Diketahui,
Presiden Joko Widodo telah menetapkan target digitalisasi UMKM, hingga
mencapai sebanyak 10 juta UMKM di tahun 2020 ini. Meskipun, data dari
Kemenkominfo menyebut bahwa hingga saat ini baru delapan juta UMKM yang
telah terdigitalisasi.
Sumber : Viva.co.id
Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya
Join now




