Pemda Sekadau Gencar Kembangkan Potensi Wisata

Editor : Diko Eno
Anggota DPRD dan PUPR Sekadau saat meninjau objek wisata Lawangkuari sekaligus doa bersama untuk kelancaran pekerjaan yang telah dan akan dilaksanakan.[Suarakalbar/Tambong]
Sekadau (Suara Kalbar) - Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata terus berupaya mengembangkan potensi wisata yang ada. Terbukti salah satu objek wisata Lawangkuari akan terus dikembangkan dan semakin dipercantik.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Sekadau, Gunawan mengatakan pihaknya sedang menginventarisir potensi wisata untuk ditingkatkan sarana dan prasarananya. Menurutnya dengan adanya peningkatan ini tentu akan semakin mempercantik objek wisata yang ada.

Kedepan potensi wisata ini diharapkan menggaet para wisatawan baik lokal maupun mancanegara datang ke Sekadau. Saat ini fokus pembangunan dilakukan di cagar budaya Lawangkuari yang merupakan Icon Sekadau.

"Harapan kita kedepan semakin banyak turis baik lokal maupun mancanegara datang ke Sekadau, nah seperti Lawangkuari ini kan sudah kita bangun dan tahun ini akan kembali dilanjutkan pembangunannya agar terlihat lebih bagus dan menarik," ujarnya, Senin (27/7/2020).

Berdasarkan data, ada 13 cagar budaya dan tempat wisata yang masuk dibawah pembiayaan Disporapar untuk dikembangkan termasuk Lawangkuari. Selain objek wisata, Gunawan juga mengatakan pihaknya sedang mendata benda yang menjadi cagar budaya disetiap Desa.

Selanjutnya pihaknya akan mengunjungi setiap Desa dalam rangka menginventarisir benda - benda dan objek wisata yang perlu dikembangkan.

"Untuk menjadi benda cagar budaya yang legal tentu mengikuti aturan yang ada. Maka akan kita lakukan kajian berdadasarkan observasi dilapangan karena memang pengajuan suatu benda itu bisa perorangan atau dari lembaga," tuturnya.

Anggota Komisi 3 DPRD Sekadau, Muslimin mengatakan akan berupaya membantu Pemerintah Faerah dalam pengembangan objek wisata di Sekadau. Sebagai penyambung aspirasi masyarakat tentu fungsi pengawasan dan penganggaran akan dimaksimalkan dalam rangka mendorong khususnya pengembangan potensi wisata di Sekadau.

"Berkaitan dengan pembangunan tentu kita akan melihat kemampuan daerah, tapi kita akan dorong untuk sektor potensi wisata ini bisa direalisasiakan," ungkapnya.

Selain Lawangkuari, menurutnya masih banyak potensi wisata lain yang juga perlu dikembangkan termasuk Rumah Kaca. Ia berharap pembangunan yang sudah dilakukan termasuk di Lawangkuari untuk dijaga dan ditata dengan baik.

"Harapan kami apabila ada pengerjaan khususnya di Lawangkuari betul - betul di diperhatikan dan kepada konsultan agar diawasi sebaik mungkin," pungkasnya.

Ia juga meminta pemerintah daerah untuk serius menggarap potensi wisata mengingat bisa mendobrak perekonomian warga setempat dan bisa menjadi income pemerintah daerah kedepannya.


Penulis : Tambong Sudiyono
Editor    : Diko Eno
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini