|

Pembunuhan di Wajok, Usman Alatas: IKBM Tetap Dukung Proses Hukum di Kepolisian

 Terduga pelaku pembunuhan di Wajok Hulu, Mur alias Adi (baju putih) bersama pengurus IKBM Mempawah di Mapolres Mempawah.[Suarakalbar/Dian Sastra]
Mempawah (Suara Kalbar)-Polisi berhasil mengungkap kasus pembunuhan di Wajok Hulu, Kecamatan Jongkat, Kabupaten Mempawah, sekaligus mengamankan pelaku berinsial Mur alias Adi.

Dalam konferensi pers, Rabu (29/07/2020), Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga, mengaku tersangka Mur bisa diamankan pihak kepolisian, berkat bantuan Ketua IKBM Mempawah, Usman Alatas, beserta pengurus IKBM dan tokoh masyarakat Desa Wajok Hulu.

Ketua Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Kabupaten Mempawah, Usman Alatas, ketika dihubungi suarakalbar.co.id, mengungkapkan, dirinya dan pengurus IKBM memang dihubungi oleh Kasat Reskrim Polres Mempawah, AKP Muhammad Resky Rizal, terkait terungkapnya kasus pembunuhan di Wajok Hulu.

“Berdasarkan penjelasan singkat dari Kasat Reskrim, terungkap bahwa pelaku pembunuhan adalah salahseorang warga kami berinsial Mur alias Adi, warga Parit Baru, Desa Wajok Hulu, Kecamatan Jongkat,” jelas Usman Alatas.

Karenanya, tambah Usman, IKBM diminta sebagai perantara untuk menghubungi pihak keluarga agar pelaku segera menyerahkan diri. Polisi lebih mengedepankan upaya preventif dalam penanganan kasus ini.

“Dan sikap tegas Kasat Reskrim dan Polres Mempawah sangat kami apresiasi. Karenanya, saya bersama pengurus IKBM Mempawah bersama tokoh masyarakat Desa Wajok Hulu, kemudian menghubungi pihak keluarga Mur alias Adi ini,” beber Usman Alatas.

Ia mengakui, sempat terjadi dialog yang cukup alot. Namun atas kesadaran hukum yang baik, pihak keluarga akhirnya mengungkapkan bahwa Mur alias Adi bersedia menyerahkan diri. Namun soal waktunya, pihak keluarga akan berembuk terlebih dahulu.

“Lalu saya dihubungi salahseorang pihak keluarga pada Selasa (28/07/2020) sekitar pukul 18.15 WIB. Dinyatakan, Mur akan diantarkan pihak keluarga dan mereka mohon pendampingan IKBM. Maka saat itu juga, kami meluncur ke jalur masuk kediaman Mur,” jelas Usman lagi.

Dengan pengawalan pihak kepolisian, tersangka Mur dan pihak keluarga sempat singgah di Mapolsek Siantan di Jungkat. Setelah itu, baru dibawa ke Mapolres Mempawah untuk diproses hukum lebih lanjut.

Dalam proses ini, Usman Alatas menegaskan, demi keadilan di mata hukum, IKBM Kabupaten Mempawah akan tetap mendukung langkah-langkah pihak kepolisian dalam mengungkap kasus pembunuhan di Wajok tersebut.

“Selama ini, telah terjalin hubungan baik antara IKBM dan Polres Mempawah. Kami berharap, kerjasama dan kemitraan ini dapat terus terjalin di masa mendatang,” imbuhnya.

Penulis : Dian Sastra
Editor    : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini