|

Paolus Hadi Ajukan Status Jalan Kabupaten Jadi Jalan Provinsi

Bupati Sanggau Paolus Hadi.
Sanggau (Suara Kalbar) -Bupati Sanggau Paolus Hadi mengaku senang bisa bertemu dan berdiskusi dengan Komisi IV DPRD Kalbar.

"Kami diskusi banyak soal Kewenagan Provinsi yang harus diurus di Sanggau dan Bapak-bapak Anggota Dewan ini sudah mengunjungi lokasi dimana menjadi kewenangan Provinsi,"ujar Paolus Hadi.

"Mereka sudah melihat langsung kondisi, Seperti jalan Bodok-Meliau, Kemudian Balai Sebut menuju ke Kembayan, Balai Sebut menuju ke Belitang (Sekadau). Kalau bicara rusak berat tentu dari Kembayan, Balai Sebut, Belitang karena itu jalan baru,"ujarnya.

Lebih lanjut Bupati Sanggau meminta ruas Bodok-Meliau sudah layak untuk ditingkatkan lebar jalanya dan beberapa jembatan. Karena disana yang memang areal yang sudah penuh dengan investasi, harusnya dipertebal.

"Memang ada kita sedang mendiskusikan kedepan bagaimana status yang Kabupaten minta urus ke Provinsi. Tapi itu masih ada mekanisme lanjutan, salah satu contohnya Meliau-Tayan. Kemudian juga ada beberapa titiklah, yang juga berhubungan ke Landak, dan juga dari jalan Poros Nasional menuju ke Jalan poros Provinsi. Nanti kita lakukan bareng dengan tentunya tata ruang nasional, provinsi maupun Kabupaten. Mungkin tahun depan itu prosesnya, "ungkapnya.

Paolus Hadi sangat senang karena akhirnya DPRD bisa melihat langsung dan untuk masyarakat Sanggau, Bukan kita tidak peduli.

"Saya ulangi lagi untuk ruas jalan Kembayan Balai Sebut itu sudah ada tahun ini anggarannya, tapi karena dibatalkan karena memang DAK ditarik oleh pusat untuk mengurus Covid-19 ini. Itu kalau saya tidak salah Rp 16 Miliar, tapi apa boleh buat. Dan itu didorong oleh Provinsi kemarin,"jelasnya.

Mudah-mudahan tahun depan dengan kehadiran Komisi IV DPRD Provinsi ini mereka bisa lagi membantu kita.

Sementara itu Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBM SDA) Sanggau, John Hendri menambahkan bahwa sekarang ini ada empat ruas jalan yang menjadi kewenangan Provinsi di Kabupaten Sanggau.

"Pertama ruas jalan Bodok-Meliau, kedua ruas jalan Kembayan-Balai Sebut, kemudian Balai Sebut menuju Batas Sekadau. Kemudian ada satu lagi ruas jalan Simpang Pak Mayam Batas Landak. Ini empat ruas ini merupakan kewenangan Provinsi,"terang Jonh Hendri.


Penulis : Darmansyah
Editor   : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini