Menuju Zona Hijau, KI Dukung Dinas Koperasi dan UKM Kalbar Lakukan Inovasi

Editor : Dina Prihatini Wardoyo
Komisi Informasi saat berkunjung ke Kantor Dinas Koperasi dan UKM Kalbar

Pontianak (Suara Kalbar) – Keterbukaan informasi saat ini menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh seluruh dinas disebuah pemerintahan. Bahwa keterbukaan informasi menjadi salah satu indikasi penilaian yang dilakukan Komisi Informasi terhadap sebuah instansi dengan target zona hijau sebagai bukti transparansi yang dilakukan agar menjauhi korupsi kolusi dan nepotisme.

Ketua Komisi Informasi Kalbar, Rospita Vici Paulyn mengatakan beberapa dinas masih memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan demi mendapatkan penilaian dengan zona baik. 

“Untuk itu kedatangan KI untuk melakukan monitoring keterbukaan informasi mengingat sudah 10 tahun dilakukan seharusnya sudah berjalan baik di Kalbar,” ungkapnya saat  berkunjung ke Kantor Dinas Koperasi dan UKM Kalbar untuk monitoring dan menyerahkan Kuesioner untuk penilaian Kertebukaan Informasi Publik, belum lama ini.

Diakuinya bahwa Dinas Koperasi dan UKM Kalbar dua tahun berturut masuk zona merah dan dirinya berharap tahun ini dengan komitmen Kepala Dinas dan juga jajaran PPID bisa lebih baik lagi menuju ke zona hijau bahkan biru.

“Kita dalam menilai Keterbukaan Informasi Publik dinilai dari beberapa hal diantaranya Pengolaan web, pengumuman informasi publik, dan pengumuman dan pelayanaan informasi publik ,” jelasnya

Ia menambahkan saat ini Diskop Kalbar belum mempunyai web yang aktif dan belum terakomodir . Jadi kedepan harus menyediakan web yang menyediakaan informasi lengkap di dalamnya.


Ia mengatakan sampai saat ini KI kalbar terus melakukan sosialisasi dan mengedukasi tentang pentingnya keterbukaan informasi publik.

“Kita terus mengedukasi terkait keterbukaan informasi. Gubernur kita juga konsen terhadap Keterbukaan Informasi dan selalu memantau badan publik atau OPD mana yang tidak informatif dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat,” jelasnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Barat, Ansfridus J Andjioe mengatakan telah menerima Kuesioner dari KI Kalbar.

“Kami ingin dan akan berusaha mengubah dari zona merah ke hijau bahkan lebih,” tegasnya.

Bahwa kekurangan di Dinas Koperasi dan UKM ada pada web yang belum dikelola dengan baik diakuinya dan ia yakin dapat melakukan inovasi sehingga menuju zona hijau.

“Kami saat ini sedang menggenahkan web untuk memberikan informasi publik dan juga sinergi dengan warung desa untuk mendukung program gubernur Kalbar. Inovasi akan terus kami lakukan,” pungkasnya.


Penulis : Dina Wardoyo
Editor   : Diko Eno
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini