Masyarakat Semudun Siap Wujudkan Kampung Tangguh Nusantara

Editor : Dina Prihatini Wardoyo
Personel Polsek Sungai Kunyit dan masyarakat bekerja bakti membersihkan lahan pembangunan Pos Kampung Tangguh Nusantara di Desa Semudun.
Mempawah (Suara Kalbar)-Sekretaris Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Semudun, Stevie Frenky, menyampaikan komitmen untuk mendukung terwujudnya program Kampung Tangguh Nusantara di Desa Semudun, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah.

“Banyak sekali manfaat yang akan didapat Desa Semudun jika berhasil mewujudkan Kampung Tangguh Nusantara ini. Sebagai salahsatu elemen desa, kami siap mendukung Polres Mempawah, khususnya Polsek Sungai Kunyit,” tegas Stevie.

Ia mengungkapkan, pada Jumat (24/07/2020), Kapolsek Sungai Kunyit, Iptu Joni, bersama 10 personel Polri telah menggalang peran aktif masyarakat untuk bekerja bakti membersihkan lahan yang akan dijadikan Pos Kampung Tangguh Nusantara ini.

Manfaat Kampung Tangguh Nusantara ini sangat banyak. Misalnya, menjadi pusat informasi dan kegiatan dalam menangkal penyebaran Covid-19, menurunkan angka kriminalitas, memperkuat situasi kamtibmas, menciptakan kenyamanan, meningkatkan derajat kesehatan, sekaligus menjadi sarana untuk memperat silaturahim dan menggalang gotong-royong masyarakat.

“Dan tak kalah penting, keberadaan Pos Kampung Tangguh Nusantara bisa menjadi media untuk menampilkan maupun menginvetarisasi seluruh potensi Desa Semudun kepada masyarakat luar daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga, melalui Kapolsek Sungai Kunyit, Iptu Joni, mengatakan, pembentukan Kampung Tangguh Nusantara di Desa Semudun, merupakan upaya preventif pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19.

“Dengan kampung tangguh ini, kita berupaya menggerakkan masyarakat untuk meningkatkan gotong-royong, ketahanan pangan, pola gaya hidup sehat dan mempererat persatuan dan kesatuan di Desa Semudun,” beber dia.

Karenanya, Polsek Sungai Kunyit, dan juga Polres Mempawah, tambah Joni, memohon dukungan dari seluruh elemen masyarakat di Desa Semudun, dan juga pemerintah daerah dan TNI.

“Tanpa kerjasama dan dukungan dari seluruh pilar ini, program Kampung Tangguh Nusantara ini tidak akan berhasil seperti yang kita harapkan,” tegas dia.

Penulis : Dian Sastra
Editor   : Dina Wardoyo
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini