|

Konsolidasi, Langkah Pertama Herculana Menjabat di Balitbang Kalbar

Kaban Balitbang Kalbar, Herculana Mekaryani

Pontianak (Suara Kalbar) - Rantai terlemah dan kekuatan di Badan Peneliti dan Pengembangan Provinsi Kalbar, menjadi salah satu hal pertama yang akan dituju oleh Kepala Balitbang Kalbar, Herculana Meryanni.

Wanita yang baru dilantik menjadi Kaban Balitbang Kalbar minggu lalu ini mengakui jika hal pertama yang akan dilakukan adalah melakukan konsolidasi terhadap seluruh bagian di Balitbang Kalbar. “Sehingga kelemahan yang akan diintervensi dan sudah saya amati Balitbang sebelumnya telah banyak yang dilakukan,” ungkapnya kepada wartawan diruang kerjanya, Rabu (1/7/2020).

Menurutnya di Badan Litbang, dimana disuatu tempat ditemukan titik lemah maka itu yang akan dibangun. “Saya akan mencari titik lemah dan kuatnya sehingga yang akan diintervensi adalah hal yang terlemahnya,” tegasnya.
Diakuinya saat ini dampak Covid tak akan menghambat langkahnya untuk terus membangun bersama para peneliti demi kemajuan Kalbar kedepannya.

“Untuk penelitian bisa dilakukan tanpa turun kelapangan terlebih dahulu dengan data BPS dan data perangkat daerah tanpa kelapangan saya akan diskusi dengan kabupaten/kota sehingga turun kelapangan bukan menjadi salah satu hambatan diera covid saat ini. Harus punya ide kreatif dan kepada para peneliti jangan menjadi katak dalam tempurung sehingga ilmu tetap bisa diterapkan kepada masyarakat, bidang usaha dan para akademisi,” paparnya.

Langkah selanjutnya setelah melakukan konsolidasi, Herculana juga akan terus mengembangkan Litbang termasuk menggandeng Litbang Pertanian dan Litbang provinsi lain dengan keinginan jabatan eselon II berasal dari Litbang sehingga para peneliti harus berkompeten mengembangkan diri.
“Semoga dapat didukung oleh semua pihak sehingga para peneliti dapat mengembangkan diri menjadikan Kalbar Provinsi yang terus berkembang dan terus melakukan inovasi,” pungkasnya.


Penulis : Dina Wardoyo
Editor   : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini