|

Komisi IV DPRD Sanggau Audiensi Bersama Bupati Sanggau

Komisi IV DPRD Sanggau Audiensi Bersama Bupati Sanggau.
Sanggau(Suara Kalbar) -Komisi IV DPRD Kalbar bersama Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBM SDA) Sanggau, John Hendri meninjau ruas jalan Provinsi di Kabupaten Sanggau, jumat (10/7/2020).

Setelah selesai meninjau Komisi IV DPRD Kalbar, yang dipimpin ketuanya H Subhan Nur didampingi Wakil Ketua Komisi, Yohanes Rumpak dan Sekretaris Komisi, Fransiskus Ason dan anggota tersebut audiensi bersama Bupati Sanggau, Polus Hadi  di ruang kerjanya di Kantor Bupati Sanggau.

H Subhan Nur menyampaikan bahwa kedatangan kita dalam rangka monitoring ke daerah-daerah untuk menyerap aspirasi masyarakat dan juga usulan kepala daerah khususnya tanggungjawab kita di jalan Provinsi.

"Karena kita melihat sebagian jalan-jalan Provinsi inikan rusak berat. Oleh sebab itu pada kunjungan hari ini kita audiensi dengan Bupati untuk menyampaikan sejauh mana kita sharing informasilah, kemudian aspek-aspek regulasi apa yang diperlukan baik kami di Provinsi maupun kepala daerah khususnya Bupati supaya nyambung gitu,"kata Subhan Nur, Jumat (10/07/2020).

Pada dasarnya teman-teman Komisi IV yang membidangi masalah infrastruktur karena kita juga membawa instansi teknis, Siaplah memperjuangkan kepada Gubernur untuk menganggarkan perbaikan-perbaikan jalan Provinsi ini.

"Karena nanti pasti pada laporan pertanggungjawaban Gubernur sesuai target RPJMD, Kurang lebih 50 persen lebih ini target yang harus dicapai. Tapi tidak terlepas dari kekuatan anggaran APBD kita juga,"ujarnya.

Sejauh ini, lanjutanya, progresnya ada sebagian yang dari aspek skala prioritas dulu. Karena banyak ruas-ruas yang menjadi status provinsi inikan menyangkut anggaran tidak akan semua bisa tercover.

"Ini ada dalam proses tender, cuman inikan hampir masif diseluruh Indonesia menyangkut kondisi Covid-19 inikan ada hal-hal yang agak tersendat. Tapi pasti ada solusilah, kuncinya komunikasi. Pada hari ini kita lakukan audiensi dengan Bupati supaya permasalahan bisa kita identifikasi untuk kita carikan solusi bersama,"tuturnya.

"Tapi insyaallah. Kan tadi hasil dialog lewat masing-masing Dapil Pak Ason inikan siap memperjuangkan aspirasi masyarakat,"tambahnya.

Dikatakannya bahwa, Ada juga permohonan Bupati terkait peningkatan status yang dari jalan Kabupaten mungkin akan diserahkan tanggungjawabnya kepada Provinsi. "Inikan menyangkut regulasi karena inikan pelimpahan aset, Jadi prosesnya ada tahapan-tahapanlah nanti,"tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi IV DPRD Kalbar, Fransiskus Ason menambahkan bahwa monitoring ini kita meninjau jalan yang berstatus Provinsi di Kabupaten Sanggau terutama Meliau menuju Bodok.

"Yang tadi dianggarkan kurang lebih Rp 7 Miliar yang saya sampaikan dulu yang mau dilelang itu, Karena Covid-19 menjadi Rp 2.6 Miliar untuk pemeliharaan yang sifatnya bisa untuk fungsional. Demikian juga yang Kembayan-Balai Sebut, yang seharusnya yang saya sampaikan dulu yang belasan miliar itu sekarang juga menjadi Rp 2.6 Miliar,"tuturnya.

Lanjut Ason yang juga Ketua DPD Golkar Sanggau itu, dalam perencanaan di PU Provinsi bahwa untuk tahun 2021 jalan Meliau-Bodok itu kurang lebih Rp 25 Miliar dan Jalan Kembayan, Balai Sebut sampai ke daerah Belitang kurang lebih Rp 35 Miliar.

"Itu dalam perencanaan, mudah-mudahan tidak berubah. Dan mudah-mudahan bertambah dan masalah Covid-19 ini bisa segera berakhir, sehingga anggaran untuk tahun 2021 bisa normal kembali,"tutupnya.


Penulis : Darmansyah
Editor   : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini