Ketua KPU Sekadau Pantau Langsung Proses Coklit

Editor : Dina Prihatini Wardoyo
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sekadau Drianus Saban didampingi Komisioner Divisi Data Marikun memonitor langsung pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) di Desa Mungguk Kecamatan Sekadau Hilir
Sekadau (Suara Kalbar) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sekadau Drianus Saban didampingi Komisioner Divisi Data Marikun memonitor langsung pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) di Desa Mungguk Kecamatan Sekadau Hilir, Sabtu (25/7/2020).

Selain itu ketua KPU Sekadau juga didampingi oleh PPK Sekadau Hilir dan PPS Desa Mungguk yang berlangsung di Jalan Abadi Sekadau tepatnya di TPS 17 dan 18 dengan jumlah TPS di Desa Mungguk yaitu sebanyak 23 TPS.

"Kita ingin memastikan PPDP melakukan pekerjaanya dengan baik, artinya pelaksanaan Coklit dilakukan dari rumah ke rumah," ujar Drianus Saban kepada suarakalbar.co.id.

Diketahui tahapan Coklit dilakukan mulai dari tanggal 15 Juli hingga 13 Agustus 2020. Dalam monitoring yang dilaksanakan, Saban berpesan kepada PPDP dalam menjalankan tugasnya untuk mentaati protokol kesehatan mengingat dalam proses Coklit petugas harus mendatangi rumah pemilih.

Drianus Saban menyebut dalam setiap tahapan termasuk Coklit KPU Sekadau berkomitmen untuk tetap menjaga kualitas Pilkada Sekadau meski ditengah Pandemi Covid-19.

"Tentu kita harus memastikan setiap tahapan berjalan dengan baik, termasuk Coklit ini karena merupakan elemen penting bagi pemilih untuk bisa menggunakan hak pilihnya," ungkap Saban.

Saban juga meminta PPDP untuk selalu berkoordinasi dengan PPS jika ada hal - hal yang tidak diinginkan ketika bertugas dilapangan.

Selain itu, Saban mengatakan apabila masyarakat belum terdaftar sebagai pemilih, maka bisa melapor ke PPS dimana pemilih tersebut ber identitas dengan menunjukan KTP dan Kartu Keluarga-nya.

"Kepada masyarakat juga untuk pro aktif, kalau belum terdaftar silahkan melapor," tegasnya.

Di Sekadau sendiri total pemilih yang akan di Coklit oleh PPDP sebanyak 159.175 yang tersebar di 524 TPS di 7 Kecamatan di Kabupaten Sekadau. Data yang sudah dilakukan pencocokan oleh PPDP selanjutnya akan di plenokan untuk menjadi Data Pemilih Semantara (DPS) sebelum menjadi DPT final.


Penulis : Tambong Sudiyono
Editor   : Dina Wardoyo
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini