|

Kembangkan 10 Desa Wisata Danau Toba, Luhut Gandeng Dua BUMN

Wisata Danau Toba.
Suara Kalbar – Pembangunan di Kawasan Danau Toba juga melibatkan Kementerian Badan Usaha Milik Negara, yakni PT Pertamina dan PT Pegadaian. Kedua perusahaan plat merah itu, mendukung pengembangan 10 desa wisata di danau terbesar se-Asia Tenggara itu.

"Ground breaking dukungan dari Pertamina dan PT Pegadaian untuk 10 desa wisata di kawasan Danau Toba," sebut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi,  Luhut Binsar Panjaitan dalam sambutan acara penyaluran uang kerohiman di Kantor Bupati Toba, Sumatera Utara melalui teleconference, Jumat, 10 Juli 2020.

Dengan pembangunan 10 desa wisata ini, Luhut mengatakan Pemerintah Indonesia tengah membangun desa lebih baik dengan peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitar Danau Toba.
"Saya mengutip bahasa Presiden, Jokowi. Membangun desa berarti membangun Indonesia. Kita sebagai saksi untuk pembangunan tersebut atas dukungan dari PT Pertamina dan PT Pegadaian terhadap 10 desa wisata itu," tutur Luhut.

Luhut menjelaskan bahwa dukungan pembangunan desa wisata itu, dilakukan PT Pertamina melalui program pembangunan toilet standar internasional, pembinaan olahan masyarakat dan penyaluran bahan bakar minyak (BBM) ke desa-desa itu.

"Dari pegadaian pemilahan sampah dan menabung emas di 10 desa. Ini menyadarkan masyarakat untuk hidup bersih lingkungan dan menyukseskan Indonesia 2025," kata Luhut.
Dengan pembangunan desa wisata ini, Pemerintah Indonesia akan terus membangun objek wisata berkelas internasional. Apa lagi, Danau Toba ditetapkan sebagai Unesco Global Geopark. Hal ini, mempermudah untuk mendatangkan wisatawan mancanegara dengan jumlah ke danau vulkanik terbesar di dunia ini.


Sumber : Viva.co.id
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini