Kasat Pol PP : Silahkan Datang Ke Sanggau Tapi Lengkapi Diri Dengan Aturan Yang Benar

Editor : Suhendra Yusri
Kasatpol PP Kabupaten Sanggau, Victorianus
Sanggau  (Suara Kalbar) -Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sanggau,  Victorianus menyampaikan terkait 3 WNA asal Tiongkok yang diamankan dalam Operasi Pekat di Kecamatan Tayan Hilir pada 17 Juli 2020 lalu.

“Kami selaku pembantu bupati di bidang keamanan dan ketertiban, yang tidak benar itu memang harus kita tertibkan. Jangankan WNA, kita penduduk asli saja kalau misalnya tidak punya KTP akan ragu pergi kesuatu tempat dan akan ada sanksi,” ujar  Victorianus, Kamis (23/7/2020).

Victorianus mengatakan dalam hal ini pihaknya tidak mencampuri urusan pihak Imigrasi. “Kalau kata mereka benar, tapi menurut kita di pemerintah daerah itu tidak benar,” jelasnya.

“Tidak boleh diantara kita ini tidak punya identitas, apalagi nginap diwilayah Kabupaten Sanggau, sedangkan tiga WNA tersebut menginap di salah satu hotel selama kurang lebih tiga bulan tanpa identitas,”katanya.

Dikesalkan Kasat Pol PP mereka tanpa koordinasi, camat diabaikan. Bagaimana sebenarnya pengaturan seperti ini.

“Pak camat tidak dilapori, saya tidak berpolemik, tetapi kenyataan yang ada seperti itu. Tidak ada paspor, tidak ada identitas lain. Kita selaku penegak Perda bertugas menjaga keamanan dan ketertiban,”ujar Victorianus

Terus terang waktu itu sampaikan kalau saya warga negara Indonesia berada di China berlaku seperti ini. “Sudah digantung saya bilang,” katanya.

Menurutnya, publik bisa melihat bagaimana pihaknya selaku penegak peraturan daerah melakukan penertiban untuk menjaga keamanan.

“Kalau misalnya ada orang yang tidak jelas, kami harus tertibkan. Kami menjaga yang terbaik untuk kabupaten kita, jangan ada orang-orang terlalu istimewa seperti ini,  sampai-sampai Pak Bupati harus dilapori, pak camat dilapori.  Kalau ada apa-apa dengan WNA di wilayah kita, apa kata orang. Camat, kepala desa, mulailah disalahkan ini itu, begitu juga dengan polisi dan tentara dipertanyakan bagaimana ini dan itu,” ujar Victorianus.

Ditambahkan Victorianus, pihaknya tidak melarang siapapun orang yang datang ke Kabupaten Sanggau, baik itu hanya sekedar berkunjung atau pencari kerja.

“Semua orang silahkan datang ke Sanggau, silahkan berkunjung. Tapi lengkapi diri dengan aturan-aturan yang benar. Ketika kami bertugas seperti ini, tidak dianggap mencampuri urusan orang. Orang tahu prosedurnya, kita tahu prosedur kita,” pungkas Victorianus.

Penulis : Ucok
Editor : Hendra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini