|

Heboh! Gua Maria Anjongan Banjir, Kapolsek: Saluran Air Tersumbat Kayu

Kawasan Gua Maria di Anjongan, Kabupaten Mempawah, yang dilanda banjir.[Ist]
Mempawah (Suara Kalbar)-Warga Kecamatan Anjongan, Kabupaten Mempawah, heboh dengan beredarnya video yang menayangkan banjir besar melanda kawasan objek wisata rohani Gua Maria, Rabu (08/07/2020) siang.

Tiga video yang beredar di media sosial dan grup whatsapp, menggambarkan betapa kawasan Gua Maria tampak digenangi air cukup tinggi dan berarus deras.

Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga, melalui Kapolsek Anjongan, Iptu Roberd Suryanto, ketika dikonfirmasi, membenarkan kejadian tersebut.

“Sebelum banjir melanda, wilayah Kecamatan Anjongan diguyur hujan deras. Karena kondisi geografisnya agak curam, air terlihat mengalir cukup deras menggenangi kawasan wisata rohani Gua Maria,” ungkap Roberd.

Menurutnya, begitu mendapat kabar kawasan Gua Maria dilanda banjir, pihaknya segera berkonsultasi dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat, beserta pengelola Gua Maria di Anjongan.

“Bersama warga setempat, kita juga menelusuri penyebab air meluap. Rupanya, ada saluran air yang tersumbat batang kayu besar, sehingga air tidak mengalir lancar. Lalu, air menggenangi kawasan Gua Maria,” jelas Roberd lagi.

Setelah batang kayu disingkirkan, aliran air mulai lancar. Tak lama kemudian, air yang tergenang, berangsur-angsur surut. Kawasan Gua Maria pun kembali normal seperti biasa.

Sebelumnya, tambah Roberd, tidak pernah kawasan Gua Maria dilanda banjir. Dia memastikan karena saluran air tersumbat itu lah, maka air meluap hingga menimbulkan aliran air yang mengalir deras.

Penulis : Dian Sastra
Editor   : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini