|

Hasil Revaluasi Kemenkeu, Kompleks GBK Jadi Aset Termahal RI

Renovasi Kompleks GBK Senayan Jakarta
Suara Kalbar- Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) merupakan aset negara termahal yang dimiliki pemerintah. Itu tergambar dari nilai asetnya yang paling tinggi setelah Kementerian Keuangan melakukan revaluasi aset sejak 2018.

Direktur Barang Milik Negara Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Encep Sudarwan mengatalan, total nilai aset kompleks GBK tercatat mencapai Rp347 triliun. Angka itu menjadikannya nilai aset tertinggi yang ada di Indonesia.

Encep mengatakan, itu disebabkan kompleks gelanggang olah raga tersebut berlokasi di pusat Ibu Kota, tepatnya, berada di kawasan Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kompleks ini dibangun sekitar 1960-an.
"Karena lokasinya di pusat kota, jadi (nilai asetnya) yang tertinggi di Indonesia," kata dia saat diskusi secara virtual, Jumat, 10 Juli 2020.

Dia merincikan, nilai aset tanah di kompleks stadion yang di miliki Kementerian Sekretariat Negara itu sekitar Rp345 triliun. Sementara sisanya adalah nilai dari aset bangunannya yang dekat dengan Gedung DPR, MPR dan DPD maupun Kementerian Pemuda dan Olahraga.

"GBK tadi total aset Rp347 triliun, tanahnya Rp345 triliun, bangunannya hampir Rp3 triliun jadi totalnya Rp347 triliun," ungkap dia.
Secara keseluruhan, Encep sebelumnya mengatakan, total nilai aset negara yang dimiliki pemerintah saat ini, dan telah di audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mencapai Rp10.467,53 triliun, naik hingga 65 persen dari sebelum direvaluasi sebesar Rp6.325,28 triliun.


Sumber : Viva.co.id
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini