Hari Anak Nasional, Erlina: Tempa Diri untuk Jadi Pemimpin Masa Depan

Editor : Diko Eno
Bupati Mempawah, Erlina, saat menghadiri peringatan HAN 2020 di Pondok Pesantren Al-Adabiy Kecamatan Sungai Pinyuh.[Suarakalbar/Dian Sastra]
Mempawah (Suara Kalbar)-Bupati Mempawah, Erlina, menghadiri peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2020 yang dipusatkan di Pondok Pesantren Al-Adabiy, Desa Sungai Bakau Besar Laut. Kecamatan Sungai Pinyuh, Kamis (23/07/2020).

Bertemakan Anak Terlindungi Indonesia Maju, kegiatan tampak dihadiri 100 santri Ponpes Al-Adabiy, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Mempawah, Camat Sungai Pinyuh, Kepala Desa SBBL dan Pimpinan Pondok Pesantren Al-Adabiy.

Dalam kesempatan itu, Erlina mengatakan, peringatan HAN merupakan kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlidungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal, dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak.

Kemudian terangnya, upaya ini untuk menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air.

“Peringatan HAN di masa pandemi Covid-19 ini merupakan momentum untuk meningkatkan kepedulian semua pilar bangsa Indonesia.  Orangtua dituntut memiliki peran lebih terhadap pemenuhan dan pendampingan terhadap anak dalam proses belajar mengajar. Jangan sampai karena Covid-19 anak-anak kita tidak mendapatkan hak belajar sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Lebih lanjut Erlina mengungkapkan, anak merupakan potensi dan penerus cita-cita perjuangan bangsa yang memiliki peran strategis dan mempunyai ciri dan sifat khusus yang memerlukan perlindungan dalam rangka menjamin pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental dan sosial secara utuh.

“Masa depan bangsa berada di tangan anak-anakku semua. Ibu berpesan tempalah diri kalian semua sejak dini baik dengan ilmu maupun dengan pengalaman hidup yang bisa kita pelajari dari pengalaman orang lain agar kelak menjadi pemimpin dimasa depan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kadis Sosial, PP, PA, PM dan Pemdes Kabupaten Mempawah, Burhan menjelasakan, penyelenggaraan HAN 2020 ini merupakan acara puncak dari beberapa rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan seperti pemilihan Duta Anak.

“Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sehingga anak-anak pondok pesantren yang hadir tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing,” tutupnya.

Penulis : Dian Sastra
Editor   : Diko Eno
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini