|

Erlina Resmikan Pendopo Kampung Tangguh Nusantara Desa Antibar

Kapolres Mempawah AKBP Tulus Sinaga bersama Kades Antibar, Julkarnaidi, memaparkan program pengembangan desa mandiri di Pendopo Kampung Tangguh Nusantara/Antibar Kampung Lihai.[Suarakalbar/Dian Sastra]
Mempawah (Suara Kalbar)-Peringatan HUT ke-74 Bhayangkara terasa istimewa bagi masyarakat Desa Antibar, Kecamatan Mempawah Timur. Hari ini, tepat 1 Juli, Pendopo Kampung Tangguh Nusantara dan Kampung Lihai di Desa Antibar, diresmikan Bupati Mempawah, Hj. Erlina.

Peresmian berlangsung semarak. Pendopo Kampung Tangguh Nusantara/Antibar Kampung Lihai yang terletak di jalur pintu masuk Desa Antibar, akan menjadi sentra koordinasi dan komunikasi dalam pengembangan desa mandiri.

Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga, mengatakan, Kampung Tangguh Nusantara/Antibar Kampung Lihai ini merupakan upaya Polres Mempawah untuk menggandeng masyarakat agar berperan aktif dalam menjaga situasi kamtibmas.

Dan yang tak kalah penting, tambahnya, bagaimana masyarakat didorong untuk selalu bergotong royong dalam mencegah penyebaran Covid-19, menjaga ketahanan pangan lokal, melestarikan kearifan lokal dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan sarana pendidikan yang memadai.

“Pendopo ini yang dibangun semi permanen ini diharapkan menjadi sentra komunikasi dan koordinasi seluruh elemen masyarakat dalam pelaksanaan semua kegiatan-kegiatan menuju desa mandiri di Desa Antibar,” imbuh Tulus Sinaga.

Di pendopo ini pula, tambah Kapolres, akan menjadi wadah menampilkan seluruh potensi dan keunggulan Desa Antibar, baik sektor pertanian, perkebunan, pendidikan, perikanan dan lain sebagainya.

Bupati Mempawah, Hj. Erlina, menyambut baik atas berdirinya Pendopo Kampung Tangguh Nusantara/Antibar Kampung Lihai. Ia mengaku terkesan dengan slogan LIHAI yang berarti Lincah, Indah, Harmoni, Aman dan Inisiatif.

Erlina mengucapkan terima kasih atas inisiasi Kapolres Tulus Sinaga beserta anggota Polres Mempawah yang menggalang peran aktif masyarakat Desa Antibar untuk mendirikan Pendopo Kampung Tangguh Nusantara/Antibar Kampung Lihai tersebut.

“Saya minta kegiatan di pendopo ini jangan sebatas pada seremonial peresmian saja. Mari kita jadikan sebagai sentra kegiatan masyarakat menuju Desa Antibar yang tangguh, mandiri dan lihai. Kepala desa silakan melakukan penganggaran di desanya, yang penting patuhi semua ketentuan yang berlaku,” imbuh Erlina.

Ia lantas memuji semua pihak yang telah mendukung berdirinya pendopo Kampung Tangguh Nusantara/Antibar Kampung Lihai ini. Termasuk Camat, jajaran Muspika, kepala desa serta seluruh elemen dan masyarakat Desa Antibar.

“Khusus kepada Kepala Desa Antibar, bapak Julkarnaidi, saya katakan mantap. Ini kades yang patut dicontoh dan saya harapkan pak Zulkarnaidi dapat terus berinovasi dalam membangun Desa Antibar agar semua program yang direncanakan terlaksana optimal,” tegasnya.

Selesai peresmian pendopo, Bupati Erlina bersama rombongan selanjutnya menuju Pondok Pesantren Al-Mukhlisin Desa Antibar untuk melaksanakan pencanangan pondok pesantren tangguh, sebagai bagian dari program Kampung Tangguh Nusantara/Antibar Kampung Lihai di bawah binaan Polres Mempawah. 



Penulis : Dian Sastra
Editor   : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini