Begini Cara Pos Indonesia Percepat Penyaluran Bansos
![]() |
| Konferensi pers penyaluran bantuan sosial oleh PT Pos Indonesia. (Suara.com/Dian Kusumo Hapsari). |
Jakarta (Suara Kalbar)- Pemerintah melalui Kementerian Sosial bekerja sama dengan PT Pos Indonesia
untuk menyalurkan bantuan sosial sembako dan bantuan sosial tunai
(BST). Penyaluran ini juga dibantu oleh Perhibunan Bank Negara atau
Himbara.
Ditengan pandemi Covid-19 ini juga
memberikan dampak dalam penyaluran bantuan sosial ini. Dimana tetap
harus menjaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan. Untuk mempercepat
penyaluran bansos ini, Pos Indonesia sudah menyiapkan berbagai
terobosan.
Pertama adalah penyaluran
melalui pelayanan di luar Kantor Pos atau melalui komunitas seperti
kantor desa, kantor kelurahan, sekolah dan lainnya yang mendekatkan
layanan kepada KPM.
“Ini dalam rangka mematuhi protokol
kesehatan agar menghindari antrian dan kerumunan,” kata Direktur
Jaringan dan Layanan Keuangan Pos Indonesia Ihwan Sutardiyanta di Kantor
Pos Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (6/7/2020).
Kedua, mengantarkan langsung BST ke rumah
KPM khususnya bagi mereka yang tidak dapat hadir di Kantor Pos maupun
komunitas dengan alasan tertentu, seperti penyandang disabilitas, lanjut
usia (lansia), sakit maupun KPM yang jauh untuk mengakses lokasi
pembayaran.
“Ketiga, memperpanjang durasi layanan yakni dari pagi hingga selesai (sampai malam) dan hari libur,” lanjutnya.
Keempat adalah Pos Indonesia juga
meningkatkan koordinasi dan kerja sama dengan kelurahan, TKSK, lembaga
sosial kemasyarakatan (Karang Taruna, Hansip, dll), pemerintah daerah
serta unsur aparat pengamanan (kepolisian dan TNI).
Ia menambahkan, pihaknya bersama Bank
Himbara telah meyalurkan BST Kementerian Sosial kepada KPM dalam tiga
tahap yakni pada bulan April, Mei, dan Juni 2020, dengan nilai Rp600
ribu per bulan per KPM kepada sebanyak 9 juta KPM.
Sumber : Suara.com
Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya
Join now





