Apdesi Mempawah Gelar Silaturahmi Perdana, Erlina: Perkuat Komitmen Membangun Desa

Editor : Diko Eno
Silaturahmi perdana Apdesi Kabupaten Mempawah di Balai Desa Peniti Besar Kecamatan Segedong.[Suarakalbar/Dian Sastra]
Mempawah (Suara Kalbar)-Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Mempawah, Selasa (28/07/2020) pagi, menggelar silaturahmi perdana di Balai Desa Peniti Besar, Kecamatan Segedong.

Silaturahmi Apdesi tampak dihadiri Bupati Mempawah, Erlina, Camat Segedong, Iskandar, unsur Forkopimcam Segedong, serta puluhan kepala desa se Kabupaten Mempawah.

Dalam musyawarah yang berlangsung di Mempawah belum lama ini, Kades Wajok Hilir, Abdul Majid, secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Apdesi Kabupaten Mempawah periode 2020-2025.

“Ini adalah silaturahmi perdana semenjak kita menggelar musyawarah untuk menentukan kepengurusan Apdesi Kabupaten Mempawah yang beranggotakan 60 kepala desa. Semoga ini menjadi awal yang baik untuk kita mensinergikan program-program dan persepsi dalam membangun desa,” ujar Abdul Majid.

Ia lantas mengucapkan terima kasih kepada Kades Peniti Besar, Kasdi, yang telah menyediakan tempat untuk pelaksanaan silaturahmi perdana ini. Ia berharap, ke depan kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan tiap bulan, secara rutin berkeliling dari satu desa ke desa lainnya.

Abdul Majid memaparkan, tujuan dilaksanakan silaturahmi Apdesi adalah menjaga silaturahmi dan harmonisasi dengan seluruh anggota, baik hubungan vertikal maupun horisontal.

“Hubungan vertikal ini adalah bagaimana pemerintah desa mampu menjaga silaturahmi dengan pemerintah pusat, provinsi maupun pemerintah kabupaten dan forkopimda di Kabupaten Mempawah,” ujarnya.

Sedangkan horisontal, tambah Abdul Majid, pemerintah desa bisa menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan BPD maupun elemen masyarakat desa. Sebab tak bisa dipungkiri, masih ada ketidakserasian antara Pemdes, khususnya kepala desa dengan BPD dalam membangun desa.

Selanjutnya, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk saling tukar informasi karena perbedaan karakteristik desa masing-masing. Adanya silaturahmi, akan timbul komunikasi saling mengisi antar kepala desa sehingga kekurangan-kekurangan dapat diperbaiki bersama.

Sementara itu, Bupati Mempawah, Erlina, mengapresiasi adanya silaturahmi perdana Apdesi ini. Ia berharap, kegiatannya dapat dijadwalkan agar dapat dilaksanakan secara rutin demi mempererat silaturahmi antar pemerintah desa.

“Terkait Apdesi ini, saya minta agar menjadi sarana untuk memperkuat komitmen dalam membangun desa. Sebab saat ini tugas dan peran kepala desa semakin berat. Perlu kehati-hatian dalam menjalankan amanah masyarakat,” imbuh dia.



Penulis : Dian Sastra
Editor    : Diko Eno
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini