Anfridus: 15 Koperasi yang Berpotensi di Kalbar Akan Terima Anggaran dari LPDB-KUMKM

Editor : Dina Prihatini Wardoyo
Kadiskop dan UKM Kalbar bersama Gubernur Kalbar dan para Kabid

Pontianak (Suara Kalbar) - Dalam rangka pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasuonal (PEN) untuk Koperasi melalui program Relaksasi Plnjaman/Pembiayaan dan Perkuatan Permodalan Usaha dan Dana Bergulir LPDB-KUMKM Presiden RI, Joko Widodo menyampaikan dari 100 koperasi penerima program PEN di 16 Provinsi, sebanyak 20 orang wakil dan koperasi diundang hadir di Istana Negara sedangkan 80 orang wakil dan koperasi lainnya mengikuti secara virtual dari gedung SMEsCo.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalbar Anfridus Andjioe mengatakan jika amanah Presiden salah satunya seluruh Kadis se-Indoenesia dapat melakukan perubahan terhadap seluruh koperasi aktif yang ada dan mempunyai potensi untuk dikembangkan.

“Video confrence bersama Presiden RI dalam rangka pelaksanaan program pemulihan ekonomi Nasional (PEN) untuk koperasi di Istana Negara. Sebagai tindak lanjutnya telah disediakan anggaran dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB – KUMKM) sebesar Rp 1 triliun yang akan diberikan bagi 132 juta koperasi di seluruh Indonesia,  termasuk 15 koperasi yang berpotensi di Kalbar,” ungkapnya kepada suarakalbar.

Diakuinya jika Gubernur Sutarmidji juga berharap koperasi khususnya di Kalbar bisa bangkit kembali sehingga Dinas Koperasi dan UKM Kalbar telah mendata kembali koperasi yang aktif di Kalbar tentu agar dapat dikembangkan.

“Sesuai amanah dari Presiden dan tentu pesan dari Gubernur maka seluruh Koperasi yang ada di Kalbar akan kami bangkitkan kembali terutama dengan adanya anggaran yang dikucurkan meski belum bisa mencakup semua hanya saja akan diusahakan maksimal bagi masyarakat sekitar,” jelasnya.

Anfridus berharap dengan akan dikucurkannya anggaran bagi 15 Koperasi yang berpotensi di Kalbar ini maka akan membangkitkan koperasi kembali khususnya kepada masyarakat luas yang akan disinkronkan dengan adanya program desa mandiri sesuai dengan arahan Gubernur Kalbar.

“Semua program akan bersinergi terutama dalam mensukseskan desa mandiri tentu koperasi yang akan terpilih nantinya menjadi salah satu hal dalam mendukung program desa mandiri seperti warung desa yang sudah kami jajaki dibeberapa kawasan di Kalbar,” pungkasnya.


Penulis : Dina Wardoyo
Editor   : Diko Eno

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini