Ambo’ Pinang Segedong Dapat Sapi Kurban dari Presiden Joko Widodo

Editor : Suhendra Yusri
Presiden RI Joko Widodo menyerahkan sapi kurban
Mempawah (Suara Kalbar)-  Warga Dusun Tiga Ambo’ Pinang, Desa Peniti Dalam I, Kecamatan Segedong, Kabupaten Mempawah, mendapatkan seekor sapi kurban dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Konfirmasi kebenaran kabar ini disampaikan, Tika Nurhayati, Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Mempawah pada Senin (27/7/2020) malam.

Menurut Tika, sapi kurban yang berasal dari Presiden Jokowi tersebut, memiliki berat 1,2 ton dan rencananya akan diserahkan di Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Selasa (28/0/2020), kepada takmir Masjid Dusun Tiga Ambo’ Pinang.

“Untuk Kabupaten Mempawah, hanya satu tempat yang mendapat bantuan sapi kurban dari Bapak Presiden, yakni hanya Dusun Tiga Ambo’ Pinang. Ini merupakan anugerah yang luar biasa buat masayarat di sana,” jelas Tika.

Ia berharap, datangnya sapi bantuan ini dapat disyukuri masyarakat Dusun Tiga Ambo’ Pinang dengan meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT, sekaligus menambah kemeriahan perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 H meski di tengah pandemi Covid-19.

Terkait dengan kedatangan sapi dari RI-1 itu, Bidang Peternakan telah menurunkan tim untuk melakukan pemantauan dan persiapan. Pihaknya juga telah menyiapkan tenaga teknis agar setibanya sapi di Ambo’ Pinang, dapat ditangani dengan benar.

Dalam proses penyembelihan hingga pendistribusian, Tika juga menjamin merujuk pada Fatwa MUI dan Surat Edaran Menteri Agama RI, yakni menerapkan secara disiplin protokol kesehatan.

“Misalnya, petugas dan masyarakat yang berada di lokasi pemotongan kurban harus mengenakan masker, menyiapkan sarana cuci tangan, menjaga physical distancing dan menggunakan metode satu orang satu alat,” kata Tika.

Penulis : Dian Sastra
Editor   : Hendra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini