|

UPT KPH Sekadau Beri Pelatihan Pengendalian Karhutla Kepada Brigade

Unit Pelaksana Teknis Kesatuan Pengelolaan Hutan (UPT KPH) Wilayah Sekadau melaksanakan pelatihan dasar pengendalian kebakaran hutan dan lahan wilayah kerja KPH Sekadau di Resort Nanga Taman, Kamis (25/6/2020).
Sekadau (Suara Kalbar) - Unit Pelaksana Teknis Kesatuan Pengelolaan Hutan (UPT KPH) Wilayah Sekadau melaksanakan Pelatihan Dasar Pengendalian Kebakaran Hutan dan lahan wilayah kerja KPH Sekadau di Resort Nanga Taman.

Kegiatan melibatkan Satuan Manggala Agni Daop Sintang Pokja Sanggau sebagai narasumber, Kamis (25/6/2020).

Kepala UPT KPH Wilayah Sekadau, Bambang Sugiharto mengatakan pelatihan kepada para Brigade dilakukan dalam rangka mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di Wilayah kerja KPH Wilayah Sekadau.

"Pelatihan ini kita fokus pada pengenalan dan tatacara penggunaan alat pemadam kebakaran, penyelamatan diri  dan pemantauan titik hotspot," ujar Kepala UPT KPH Wilayah Sekadau, Bambang Sugiharto.

Ia menjelaskan keberadaan Brigade UPT KPH Wilayah Sekadau terbentuk berdasarkan SK Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat Nomor 131 Tahun 2020 tertanggal 17 Maret 2020.

UPT KPH Wilayah Sekadau telah melaksanakan Patroli Pengamanan Hutan dan Sosialisasi
Dalkarhutla Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan pada Kecamatan Meliau Sanggau, Kecamatan Nanga Mahap, Kecamatan Nanga Taman di Sekadau.

"Keberadaan Brigade untuk melakukan pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan pengamanan kawasan dengan luas areal KPH Wilayah Sekadau sebesar 132.425 hektare, maka kehadiran Brigade sangat membantu tugas dilapangan," katanya.

Kepala KPH Berharap adanya kerjasama lintas stek holder di tingkat kabupaten dan Kecamatan serta ditingkat Desa dilingkungan kerja KPH Wilayah Sekadau.

Darmawan Sunardi, satu diantara Brigade KPH Wilayah Sekadau mengatakan bahwa kegiatan Ini sangat bermanfaat bagi seluruh personel Brigade.

Menurutnya dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan wawasan serta meningkatkan kapasitas sebagai seorang Brigade.

"Kegiatan ini sangat membantu kami dalam menjalankan tugas dan fungsi selaku Brigade Pamhut dan Dalkarhutla di UPT KPH Wilayah Sekadau,"  katanya.

Jumlah Brigade yang ikut dalam kegiatan sebanyak 15 personel, kegiatan dibuka oleh Kepala UPT KPH Wilayah Sekadau Bambang Sugiharto dan dihadiri oleh seluruh ASN UPT KPH Wililayah Sekadau diantarnya Aceng Effendi selaku Kasi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat, Herawadi selaku Kasubag Tata Usaha, Robbi Novi Dermawan Selaku Teknis Pemetaan dan Penggambaran, Harul Mardin selaku Kasi Perencanaan dan Pemanfaatan Hutan beserta staf.

Penulis     : Tambong Sudiyono
Editor       : Hendra

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini