|

Tips Mencegah Jerawat Gara-Gara Masker ala Perempuan Korea

Ilustrasi perempuan memakai masker. (Pixabay/Juraj Varga)
Suara Kalbar
- Pakai masker seharian ketika keluar rumah sudah menjadi protokol kesehatan seluruh warga dunia yang harus dipatuhi. Namun bagi perempuan, ada satu masalah mengintai gara-gara penggunaan masker ini, yaitu munculnya jerawat. Lalu, bisakah kita mencegah jerawat gara-gara masker ini?

Berkaca pada perempuan Korea, bahkan sebelum adanya pandemi, mereka sudah terbiasa memakai masker ketika keluar rumah. Dan yang menarik, kulit wajah mereka tetap mulus meski sepanjang hari memakai masker. Kok bisa?

Ya, ternyata perempuan Korea punya serangkaian aturan dalam merawat wajah sehingga bebas dari jerawat meski memakai masker. Apa saja? Yuk, simak tips mencegah jerawat gara-gara masker ala perempuan Korea, dilansir dari situs Asia One.

1. Gunakan pencuci wajah yang lembut
Setiap kali mengenakan masker untuk waktu yang lama, ada risiko sebum menumpuk di kulit. Anda mungkin jadi ingin mencuci wajah lebih sering dari biasanya.

Sebaiknya, gunakan pembersih wajah yang ringan pasca rutinitas harian selesai pada malam hari. Pilih pencuci wajah yang bisa menjaga keseimbangan pH tetap optimal. Namun, jika kulit Anda sensitif, jangan terlalu sering mencuci wajah. Cukup dua kali sehari.

2. Ganti masker secara rutin
Penumpukan kotoran adalah penyebab utama munculnya jerawat. Jadi sebaiknya ganti masker wajah sesering mungkin.

Penggunaan masker kain pastikan Anda mencucinya dengan benar untuk menghilangkan semua bakteri dan makeup yang menempel.

3. Jangan banyak makeup
Bahkan makeup dengan klaim non-comedogenic belum tentu berhasil cegah jerawat dibandingkan Anda tidak menggunakan riasan apa pun.

Campuran kotoran dan kosmetik adalah cara terbaik untuk memicu jerawat muncul. Jadi sebisa mungkin bebaskan wajah dari make up berlebihan. Jika Anda tidak sanggup untuk tidak memakai foundation, cobalah opsi yang lebih ringan seperti bedak.

4. Tutup bekas jerawat
Orang Korea cenderung akan menutupi jerawat di wajahnya. Jika Anda jalan-jalan di stasiun kereta bawah tanah Korea, maka Anda akan menemui banyak orang yang mengenakan stiker di wajahnya untuk menutupi jerawat.

Jika Anda khawatir jerawat yang ditutup akan menyumbat pori-pori, justru sebenarnya mencegah peradangan lebih lanjut.

Ketika jerawat aktif bergesekan dengan masker yang penuh keringat, bisa membuat jerawat semakin menyebar di area wajah.


Sumber   : Suara.com
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini