|

Sutarmidji Targetkan Kalbar Tahun Depan Tidak Ada Desa Tertinggal

Gubernur Kalbar, Sutarmidji.
Pontianak (Suara Kalbar) - Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, menuturkan akan mengupayakan agar desa tertinggal yang ada di Kalimantan Barat tahun depan menjadi tidak ada.

"Tahun depan mau nya kita akan bantu selesai desa tertinggal,tahun depan itu target saya Kalbar tidak ada desa sangat tertinggal dan desa tertinggal pun tidak ada, kita upayakan," ujar Sutarmidji , Senin (22/6/2020) .

Berdasarkan data , masih ada banyak desa tertinggal yang ada di Kalimantan Barat dan pemerintah akan berusaha supaya desa-desa tertinggal ini akan segera ditingkatkan lagi menjadi desa maju , berkembang atau mandiri.

"Desa tertinggal sekarang kan masih ada 566,bisa ini,dua tahun selesai," lanjutnya.

Sutarmidji kemudian menuturkan bahwa desa yang meningkat pesat berada di Kabupaten Sambas dengan desa tertinggal nya hanya 1 dan desa sangat tertinggal tidak ada.

"Sekarang itu Sambas desa tertinggal nya itu tinggal 1,desa sangat tertinggal nya sudah nol, desa berkembang nya 81,desa maju 73 ,desa mandiri nya 38," jelas Midji.

Mengenai hal ini,Kabupaten Mempawah menurut data sudah tidak terdapat lagi desa sangat tertinggal , desa tertinggal nya sisa 2 ,desa berkembangnya 6, desa maju nya 23,serta desa mandiri nya 29.

Untuk Kabupaten Sanggau desa sangat tertinggal juga tidak ada,hanya saja desa tertinggal nya ada 49, desa berkembangnya 81, desa maju ada 25, dan desa mandiri nya ada 8.


"Nah ada peningkatan yang cukup signifikan, kalau indeks desa membangunnya per kabupaten itu ada peningkatan, semua kabupaten ada peningkatan," tutur orang nomor 1 di Kalbar.

Sutarmidji juga mengatakan bahwa Kabupaten lumayan pesat peningkatannya ,dalam dua tahun ia yakin desa tertinggal di Mempawah bisa berubah menjadi desa mandiri.

"Tapi Mempawah saya yakin kalau Bupati serius tahun depan mungkin tidak ada tidak ada desa berkembang , desa tertinggal pun tidak ada,yang ada desa maju dan mandiri, tahun depannya semua nya desa mandiri," pungkas Gubernur Kalbar.


Penulis : Yapi Ramadhan
Editor   : Dina Wardoyo
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini