|

Sanggau Dapat Bantuan WRS dari BMKG Pusat

Pemerintah Kabupaten Sanggau mendapatkan bantuan sistem penerima peringatan atau disebut Warning Receiver System (WRS) yang merupakan alat diseminasi informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami, Senin (29/6/2020).

Sanggau (Suara Kalbar) -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sanggau mendapatkan bantuan sistem penerima peringatan atau disebut Warning Receiver System (WRS) yang merupakan alat diseminasi informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami.

Alat tersebut merupakan bantuan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sanggau dan ditempatkan di Sekretariat TRC Sanggau yang berada di Jalan Ahmad Yani Kabupaten Sanggau, Senin (29/6/2020).
Kepala pelaksana BPBD Sanggau, Siron, menyampaikan alat tersebut tiba di Sanggau pada Jumat (26/6/2020) dan dipasang di Kantor TRC .

“Itu murni bantuan pusat, kami tidak tahu bagaimana prosesnya. Untuk prosedurnya pun kami juga tidak tahu. Mereka datang lalu masang alat itu, kami hanya nyiapkan tempat. Tempat yang cocok di TRC,” ujar Siron.

Sementara itu Bupati Sanggau, Paolus Hadi sangat mengapresiasi bantuan dari BMKG pusat tersebut dan  bersukur atas bantuan alat tersebut.

“Saya berterimakasih atas bantuan tersebut, walaupun kita zona aman dari gempa, tapi itupun harus kita analisa lagi ni, masalahnya di Sintang pernah ada kejadian yang menurut orang gempa. Dengan adanya alat ini nanti bisa terdeteksi,”ujar Paolus Hadi.

Namun dia juga berharap peralatan lain seperti pemantau cuaca atau pendeteksi banjir, longsor juga bisa dibantu ke Sanggau karena sangat dibutuhkan.

“Karena potensi kita ini banjir dan longsor. Kalau alat itu.dibantu tentu sangat berguna,” ujarnya.
Koordinator tekhnis pemasangan peralatan informasi gempa, Riyan Mahaga dikonfirmasi wartawan via selular, Senin (29/6) mengatakan selaku teknisi sekaligus operator yang ditunjuk BMKG, menjelaskan WRS merupakan sistem aplikasi diseminasi berbasis komputer yang digunakan untuk menerima informasi yang dikirimkan dari WRS Server yakni BMKG pusat kepada lembaga perantara.

Ketika ditanya mengapa barang itu dikirim ke Sanggau Riyan tidak mengetahui apa urgensi peralatan tersebut dipasang di Sanggau.

“Saya kurang tahu, silahkan ditanyakan ke BMKG pusat, karena kalau dari saya dan tim hanya untuk pemasangan WRS tersebut,” jawabnya.

Fungsi alat tersebut diakuinya hanya sebatas menerima informasi gempa di seluruh Indonesia dan Asia Pasifik. Selain Sanggau, Ketapang juga mendapatkan peralatan tersebut.

Penulis : Ucok
Editor    : Hendra

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini