|

Rupinus - Aloy Lepas Bibit Ikan Bantuan untuk Kelompok Sumber Makmur

Bupati Sekadau Rupinus dan Wabup Aloysius saat lepas bibit ikan di kolam milik kelompok tani Sumber Makmur di Kecamatan Nanga Taman. 
Sekadau (Suara Kalbar) - Bupati Sekadau, Rupinus dan Wakil Bupati Aloysius melepas bibit ikan bantuan untuk kolam milik Kelompok Tani Sumber Makmur di Dusun Cukak Hulu Desa Rirang Jati Kecamatan Nanga Taman, Rabu (10/6/2020) pagi.

Bibit ikan dari Ketahanan Pangan, Pertanian, Perternakan dan Perkebunan Sekadau itu sebanyak 6.000 ekor ikan nila dan mas.

"Kami berharap bibit ikan ini bisa berkembang untuk kelompok tani Sumber Makmur, "kata Rupinus.

Rupinus juga berharap para petani yanh bergabung di kelompok tani Sumber Makmur terus berinovasi dalam pengembangan hasil pertanian. Selain ikan dan tanaman lainnya seperi cabai.

"Kelompok tani bisa juga kembangkan pakan sendiri agar tidak semua beli. Karena pakan memang harga cukup tinggi,"kata Rupinus.

Ketua Kelompok Tani Sumber Makmur Aloysius mengucapkan terima kasih kepada bupati dan wakil bupati beserta rombongan yang hadir dengan memberikan bantuan bibit ikan.

"Semoga bantuan ini bisa memberikan motivasi kami dalam pengembangan ternak ikan, "katanya.

Ia mengatakan, anggita kelompok tani Sumber Makmur ada 20 orang yang ada tiga kategori, petani lansia tangguh,  petani milenial dan petani produktif.

Kelompok Tani Sumber Makmir berdiri pada 4 April 2018 dan pada 2019 tanam cabai dan pengembangan seluas 7 hektare

"2019 hanya 19 petani yang tanam cabai.  Bertambah warga lain ikut tanam yang tidak kelompok juga tanam. Tapi banyak hama jamur dan faktor cuaca dan pupuk dan obat obatan, "katanya.

Untyk itu, ia berinistif mengajak petani untuk berternak ikan dan punya prospek dikembangkan.  "Kami ingin belajar buat pakan sendiri,  mohon dukungan pemerintah dalam pengadaan pengolahannya,"katanya.

Acara pelepasan bibit ikan oleh Bupati dan wakil bupati tersebut tampak hadir Anggota DPRD Paulus Subarbo, Kepala Dinas Pertanian Sekadau, Sandae, Camat Nanga Taman,  Paulus Ugang, para kepala desa dan tokoh masyarakat.

Penulis: Kundori
Editor: Hendra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini