|

Pilkades Telah Usai, Masyarakat Jangan Lagi Terkotak-kotak

Bupati Mempawah Hj. Erlina menyematkan tanda jabatan kepala desa dalam rangkaian pelantikan 30 kades e-voting serentak Kabupaten Mempawah

Mempawah (Suara Kalbar) - Bupati Mempawah, Hj. Erlina, telah melantik 30 Kepala Desa (Kades) terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara e-voting tahun 2020 di Halaman Kantor Bupati Mempawah, Selasa (30/6/2020).

Kepada para kades, bupati menyampaikan sejumlah pesan. Diantaranya soal keuangan desa agar dikelola hati-hati dan tidak melanggar peraturan perundang-undangan.

Setiap tahun, tambah Erlina, desa telah menerima kucuran dana yang sangat besar, baik dari pemerintah pusat melalui dana desa, pemerintah daerah melalui alokasi dana desa, serta bagi hasil pajak dan retribusi daerah.
"Untuk itu, saya minta kades tetap mengedepankan azas pengelolaan keuangan desa yang transparan, akuntabel dan partisipatif, tertib dan disiplin anggaran,” tegas Erlina.

Selain soal pengelolaan keuangan, Bupati Erlina juga mengingatkan soal tanggung jawab dan tugas kades yang besar.
“Saya minta kades menjadi seorang figur yang senantiasa memegang teguh amanah dan komitmen dengan janji yang telah dituangkan dalam visi dan misi kades, serta memahami peraturan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

Selanjutnya, Erlina berpesan kepada seluruh kades yang baru dilantik, bahwa pilkades telah selesai. Sebagai figur yang diberi kepercayaan oleh masyarakat desa masing-masing, hendaknya selalu dekat dengan rakyat, tanpa membedakan derajat dan martabat, mampu memahami dan menyerap aspirasi, serta menjaga keutuhan dan keharmonisan masyarakat.
“Jangan sampai masyarakat terbelah dan terkotak-kotak, hanya karena perbedaan pilihan kades saat pilkades lalu. Yang menang sebaiknya segera merendahkan hati dan rangkul yang kalah. Mari bersama-sama ajak masyarakat membangun dan memajukan desa menuju ke arah yang lebih baik,” ucapnya.

Tidak lupa, bupati meminta para kades agar meningkatkan ilmu dan pengetahuannya. Seperti mempelajari tentang kedudukan, tugas dan fungsi sebagai kepala desa sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
“Saya juga berpesan agar kades dapat bersinergi dengan BPD dalam merumuskan kebijakan guna melaksanakan pemerintahan dan pembangunan desa,” ujarnya.


Penulis : Dian Sastra
Editor   : Dina Wardoyo
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini