|

Pilkada 2020 Masih Dibayangi Tanpa Kampanye Terbuka Ditengah Pandemi Covid-19

Seorang pengendara melintasi Tugu Juang di Nangah Pinoh, Kabupaten Melawi, Kamis (11/6/2020).
Melawi (Suara Kalbar)-  Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 dipastikan tetap digelar 9 Desember 2020. Meski ditengah bayang bayang Pandemi Covid-19.
Kampaye terbuka sebagai ajang sosialisasi para calon kepada konstituen kemungkinan besar tidak dilakukan. Untuk menghindari penyebaran Covid-19.

“Hingga sekarang pihaknya masih menunggu diterbitkannya peraturan KPU (PKPU)  Pilkada 2020 terbaru, terutama terkait tahapan, jadwal pemilu dan lainnya,” ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Melawi, Johani kepada suarakalbar.co.id. Kamis (11/6/2020).

Dia menjelaskan, terkait apakah kampanye akbar ditiadakan atau bagaimana,termasuk kampanye dialogis. Batasan sesuai protokol kesehatan, sama sekali pihaknya belum dapat gambaran.

"Karena masing masing kabupaten yang menyelenggaran pemilu juga masih nunggu PKPU terbaru," ujarnya.

Menurutnya dimungkinkan saja, kampanye secara terbuka ditiadakan, jika melihat dari aspek keamanan kesehatan masyarakat ditengah situasi Covid-19 yang belum berakhir di Indonesia.

Namun dilain sisi, lanjut Johani  juga akan bertentang dengan undang undang pemilu yang mengatur tentang tata cara kampanye jika sampai kampaye akbar justru ditiadakan.

"Yang jelas, nanti mekanismenya kan ada diranah KPU sebagai penyelenggara," ujarnya.

Sejauh ini Bawaslu hanya mengikuti  apa yang nanti akan dikeluarkan KPU melalui Perbawaslu. Terutama terkait  bagaimana tata cara pengawasan.

"Tunggu PKPU keluar, baru jelas nanti teknis kampanye para calon seperti apa yang diperbolehkan atau ada prosedur protokol kesehatan yang harus dijalankan," pungkasnya.

Di Provinsi Kalbar  ada tujuh Kabupaten Kota yang akan melaksanakan Pemilihan umum kepala daerah tahun 2020 yakni Kabupaten Ketapang, Sambas, Bengkayang, Sekadau, Kapuas Hulu , Sintang dan Melawi.

Penulis :  Dea Kusumah Wardhana
Editor : Hendra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini