|

Peringati Harganas ke XXVI, Warga Sekadau Antusias Ikuti Program MKJP

Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVII, Bupati Rupinus dan Wakil Bupati Aloysius didampingi Sekda Sekadau Zakaria Umar dan Plt Kadinkes PP dan KB Sekadau Henry Alpius meninjau langsung Layanan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) di Puskesmas Sekadau Hilir

Sekadau (Suara Kalbar) - Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVII, Bupati Rupinus dan Wakil Bupati Aloysius didampingi Sekda Sekadau Zakaria Umar dan Plt Kadinkes PP dan KB Sekadau Henry Alpius meninjau langsung Layanan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) di Puskesmas Sekadau Hilir, Senin (29/6/2020).

Bupati Sekadau, Rupinus mengatakan peringatan Harganas biasanya dipusatkan pada satu tempat di wilayah Indonesia, namun karena Pandemi Covid-19 kegiatan dilaksanakan di daerah masing - masing.
"Target Sekadau untuk akseptor sebanyak 110 orang, namun hingga senin 29 Juni 2020 sudah melampui target yaitu sebanyak 220 orang di seluruh layanan puskesmas di Sekadau. Artinya target sudah lebih dari 100%," kata Bupati

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Sekadau, Henry Alpius mengatakan pihaknya mendukung program pemerintah dalam rangka menekan laju pertumbuhan penduduk khususnya di Sekadau.

Meski dalam situasi Covid-19, pihaknya tetap melakukan pelayanan KB dengan memperhatikan protokol kesehatan. Ia mengapresiasi masyarakat tetap antusias melakukan KB baik implan dan layanan KB lainnya di Sekadau.
"Kami sangat mendukung program ini, target seluruh Indonesia 1 Juta orang akseptor dan Sekadau sudah melebihi target yaitu sebanyak 220 orang dari target kita yaitu 110 orang," jelasnya

Salah seorang peserta KB, Marni mengatakan antusias mengikuti program KB Pelayanan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang dalam rangka Harganas di Puskesmas Sekadau Hilir.
"Tadi saya datang ke Puskesmas untuk pasang Implan KB. Dengan ber KB kan bisa mencegah kehamilan ya. Saat ini saya sudah punya 2 anak, jadi mau stop dulu," ujarnya.

Marni sangat senang dengan adanya layanan KB oleh Pemerintah. Ia mengaku mendapat informasi layanan KB gratis dari petugas Puskesmas Sekadau Hilir yang mendatanginya ke tempat biasa ia berjualan di sekitar lapangan EJ Lantu Sekadau.


Penulis : Tambong Sudiyono
Editor   : Dina Wardoyo
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini