|

Penyelenggara Pilkada di Sekadau Jalani Rapid Test

Rapid Test PPK dan PPS di Puskesmas Sekadau.[Suarakalbar/Tambong]
Sekadau (Suara Kalbar) - Penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati Sekadau Tahun 2020 menjalani Rapid Test di Puskesmas pada 6 Kecamatan di Sekadau. Rapid Test dilakukan untuk memastikan kesehatan penyelenggara dalam rangka menjelang Verifikasi Faktual calon perseorangan yang dimulai dari tanggal 24 Juni hingga 12 Juli 2020.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sekadau, Gita Rantau mengatakan Rapid Test dilakukan menindaklanjuti Surat Dinas KPU RI Nomor 481/PL.02.2-SD/06/KPU/2020 tanggal 22 Juni 2020 perihal pelaksanaan Verifikasi Faktual dalam pemilihan Tahun 2020. Pada angka 3 huruf huruf d sub angka 1 yang menyebutkan Panitia Pemungutan Suara sebelum Verifikasi Faktual melakukan Rapid Test.

"Mulai hari ini hingga besok kita melakukan Rapid Test kepada penyelenggara dalam rangka persiapan Veeifikasi Faktual Calon Perseorangan," ujar Gita Rantau, Anggota Komisioner KPU Sekadau Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilu, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) kepada suarakalbar.co.id, Kamis (25/6/2020) saat monitoring Rapid Test di Puskesmas Sekadau.

Ia menyebut untuk Rapid test Komisioner KPU dan sekretariat dilakukan di kantor KPU Sekadau sedangkan rapid test PPK dan PPS dilakukan di Puskesmas pada enam kecamatan yang akan melakukan verifikasi faktual.

Rapid Tes dilakukan selama dua hari mulai dari tanggal 25 hingga 26 Juni 2020 dengan jumlah komisioner KPU beserta sekretariat sebanyak 31 orang, PPK dan sekretariat sebanyak 48 orang serta PPS dan sekretariat sebanyak 360 orang.

"Kita berharap hasilnya non Reaktif semua sehingga Verifikasi Faktual Calon Perseorangan bisa kita laksanakan sesuai tahapan yang telah ditentukan," tuturnya.

Gita Rantau juga menyebut anggota PPS yang nantinya melakukan Verfak akan dilengkapi Alat Pelindung Diri atau APD agar memastikan keamanan dan kesehatan penyelenggara dilapangan terhindar dari Virus menular Covid-19.

Sementara itu Gusti Hermy, Anggota Panitia Pemungutan Suara atau PPS Desa Mungguk Kecamatan Sekadau Hilir mengaku senang setelah melakukan rapid test. Menurutnya Rapid Test perlu dilakukan sebelum memulai Verifikasi Faktual agar mengetahui kondisi kesehatannya.

"Kami hari ini sesuai jadwal yang diberikan PPK melakukan Rapid Test di Puskesmas Sekadau, hasilnya nanti akan menjadi acuan kami siap turun ke lapangan melakukan Verfak," kata Hermy.

Untuk kapan pelaksanaan Verfak, pihaknya menunggu arahan resmi dari KPU Sekadau melalui PPK. Berdasarkan data, Desa Mungguk cukup banyak sebaran dukungan calon perseorangan yaitu sebanyak 555 orang.




Penulis : Tambong Sudiyono
Editor   : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini