|

Pemkab Sanggau Ajukan DAK Tahun Anggaran 2021 Minimal Rp 900 Milyar

Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka
Sanggau (Suara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Sanggau mengusulkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2021 ke Pemerintah Pusat minimal Rp 900 Milyar.

“Kegiatan hari ini membahas usulan DAK tahun 2021. Karena usulan tersebut akan ditutup bulan Juli nanti," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka ditemui wartawan usai rapat pembahasan usulan DAK, Selasa (23/06/2020).

Dikatakan Kukuh untuk tahun 2020, Anggaran DAK Sanggau dipangkas menjadi Rp 88 milyar dari angka Rp 190 milyar. Pemotongan itu diambil sebagai dampak Covid-19 yang selanjutnya disikapi Pemkab Sanggau dengan mengusulkan kembali anggaran tersebut.

"Karena itu saya kumpulkan dinas-dinas terkait. Ini yang kedua. Karena DAK diusulkan melalui online yakni sistem Kolaborasi Perencanaan dan informasi Kinerja Anggaran (Krisna). Sekarang sangat rijit sekali, rijit artinya sangat ketat. Tiga atau empat tahun yang lalu masih Rp 300 – Rp 400 milyar. Tahun ini sekitar Rp 190 milyar. Itupun dipotong karena Covid-19,"katanya.

Disampaikan Kukuh Untuk rapat yang kedua hari ini, DAK yang diusulkan sementara sebesar Rp 400 milyar.

“Finalnya nanti sekitar Rp 900 milyar, yang dapat nanti paling sekitar Rp 400 milyar sampai Rp 700 milyar. Sekarang usulan yang sudah masuk sekitar Rp 400 milyar, finalnya nanti paling lambat tanggal 3 Juli 2020," kata Kukuh.

DAK 2021 yang diusulkan Pemkab Sanggau diantaranya DAK bidang infrastruktur, bidang kesehatan, bidamg pendidikan, bidang transportasi, bidang pertanian dan lain - lain.

"Banyak juga DAK yang dialokasikan di perbatasan, termasuk perumahan. Saya minta tadi jangan banyak ke sana, bagi juga Kecamatan lain, misalnya Jangkang, Kapuas, Tayan,  mungkin minggu ini tuntas pembahasan kita,"tutupnya.

Penulis : Ucok
Editor    : Hendra

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini