|

Pemdes Tanap Salurkan BLT DD Tahap Pertama

Penyaluran BLT DD.
Sanggau (Suara Kalbar) - Pemerintah Desa Tanap, Kecamatan Kembayan, Kalimantan Barat menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bersumber dari Dana Desa (DD) Tahap Pertama Tahun 2020 kepada 34 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dilaksanakan di Kantor Pemerintahan Desa Tanap, Senin (22/6/2020).

Penyerahan BLT DD ini dihadiri Camat Kembayan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua BPD Tanap, Kepala Desa Tanap, Pendamping Desa, Ketua BPD dan anggota, Pendamping Lokal Desa (PLD) serta seluruh Perangkat Desa Tanap.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Tanap Bewianus, S.Th mengatakan, program pemberian BLT DD ini bertujuan untuk membantu masyarakat miskin yang terdampak Covid-19 dalam memenuhi kebutuhan dasar di saat Pandemi Covid-19.

Di kesempatan tersebut Camat Kembayan Drs. Inosensiua Nono berpesan agar para penerima BLT DD, memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya.

“Bantuan yang diterima ini jangan disalahgunakan, belanjalah menggunakan bantuan ini untuk kebutuhan-kebutuhan dasar sehingga apa yang menjadi target pemerintah bisa tercapai," pesannya.

Lebih lanjut dijelaskannya, BLT DD ini akan diberikan selama 6 bulan, dibagi dua tahap. Tahap Pertama perbulan Rp 600.000,- untuk bulan April, Mei, Juni 2020, dan berikutnya Tahap Kedua Rp 300.000,- perbulan dihitung bulan Juli sampai September 2020. Pada hari ini KPM menerima sebesar Rp 600.000,- untuk bulan April 2020, tidak sekaligus dirapel.

Camat Kembayan juga menjelaskan bahwa BLT yang dikucurkan ini merupakan salah satu kebijakan pemerintah dalam menangani dampak Covid-19, selain beberapa jenis bantuan lainnya yang serupa.

“Data penerima BLT DD ini semua sudah melalui proses pendataan dan Musyawarah ditingkat Dusun dan Desa, artinya penerima bantuan ini tidak boleh ganda dengan bantuan jenis lainnya, dan masyarakat juga harus paham sumber bantuan ini,” harapan Inosensius Nono.

Sementara itu, Serda Sugeng Rianto Babinsa Desa Tanap mengajak masyarakat untuk wajib sadar akan bahaya Covid-19.

“memasuki masa New Normal ini masyarakat secara sadar mesti mematuhi Protokol Kesehatan dari pemerintah, di antaranya selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat, mengurangi aktivitas diluar rumah yang tidak penting, jaga jarak minimal 1,5 Meter dan tidak berkerumun ditempat-tempat umum serta membudayakan memakai masker,” tegas Sugeng.

Acara ditutup dengan penyerahan secara simbolis BLT DD kepada masyarakat yang dilakukan oleh Camat Kebayan di damping oleh Kepala Desa Tanap, Ketua BPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Pendamping Desa.



Penulis: Niko
Editor  : Dina Wardoyo
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini