|

New Normal, Mempawah Tunggu Petunjuk Pemprov Kalbar

 Bupati Mempawah, Erlina, tetap patuh pada protokol kesehatan yang dijalankan petugas Kodim 1201/Mph.[Suarakalbar/Dian Sastra]
Mempawah (Suara Kalbar)- Pemerintah Kabupaten Mempawah sedang mempersiapkan penerapan kenormalan baru (new normal) Covid-19. Salah satunya dengan memperketat aturan wajib masker dan physical distancing. Karena itu, masyarakat diminta untuk disiplin dan taat dalam menjalankan anjuran pemerintah.

“Memang saat ini, wilayah kita belum masuk dalam zona yang diperbolehkan untuk melaksanakan kenormalan baru. Namun kita sudah melakukan sosialisasi untuk persiapan penerapannya di masyarakat,” terang Bupati Mempawah, Hj Erlina, kepada para wartawan di Kantor Bupati Mempawah, belum lama ini.

Menurut Erlina, saat ini masyarakat sudah mulai terbiasa dengan penerapan aturan kenormalan baru. Misalnya, menggunakan masker, jaga jarak, hindari keramaian, cuci tangan dan lainnya. Namun, Erlina menyebut aturan ini akan lebih diperketat jika kernomalan baru telah resmi diberlakukan.

“Secara resmi kita menunggu petunjuk Pemprov Kalbar. Kalau sudah ada penetapan, maka Pemerintah Kabupaten Mempawah akan melaksanakannya dengan maksimal. Dan saat ini, pun kita sudah membiasakan masyarakat untuk melaksanakan ketentuan kenormalan baru dengan penerapan protap kesehatan covid-19 secara ketat,” ujar Erlina.

Apabila kernomalan baru dilaksanakan, imbuh Erlina, maka aktivitas masyarakat akan kembali dibuka. Baik itu tempat-tempat ibadah, fasilitas ekonomi, pariwisata, pendidikan dan lainnya. Dengan catatan, aktivitas tersebut akan dilaksanakan dengan penerapan aturan yang lebih ketat.

“Misalnya tempat ibadah bisa dibuka dengan mengedepankan protap kesehatan. Physical distancing diperketat. Warung kopi dan kafe sudah bisa beroperasi dengan catatan memperhatikan ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah. Mulai dari atur jarak meja, kursi, cuci tangan, pakai masker dan lainnya semakin dimaksimalkan,” tegasnya.

Karena itu, Erlina meminta seluruh tim gugus tugas baik di tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa agar tidak bosan-bosannya melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait penerapan kenormalan baru. Supaya, masyarakat lebih disiplin dan komitmen menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya berikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran tim gugus tugas di Kabupaten Mempawah. Termasuk pula TNI/Polri yang konsisten memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penerapan kenormalan baru,” tutupnya.



Penulis : Dian Sastra
Editor   : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini