|

Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Bercocok Tanam, Bhabinkamtibmas Ini Juga Sambangi Masyarakat Desa Pak Utan

Bhabinkamtibmas Desa Pak Utan, Brigpol Minja Widianto, juga menyambangi Pak Joko, warga Desa Sepang, yang memanfaatkan lahan kosong untuk tanaman cabai di masa pandemi Covid-19.[Suarakalbar/Dian Sastra]
Mempawah (Suara Kalbar)-Bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan masyarakat, benar-benar dijalankan Brigpol Minja Widianto. Dalam sehari, ia menyambangi dan memotivasi para warga binaan yang memanfaatkan lahan kosong untuk ketahanan pangan.

Usai dari Desa Sepang, Minja Widianto kemudian mengunjungi Pak Joko, warga Desa Pak Utan, Kecamatan Toho, Kabupaten Mempawah, yang memanfaatkan lahan kosong untuk ditanam aneka jenis cabai, terong dan sayuran.

Menurut Minja, lahan kosong yang dimiliki Pak Joko adalah seluas 1 hektar. Sejak Maret lalu, Pak Joko berinisiatif mengolah tanahnya untuk ditanam cabai dan terong. Tak hanya itu, Pak Joko juga menanam sayur-sayuran yang membuat lahannya tampak menghijau.

“Hampir tiap hari Pak Joko turun ke kebun untuk merawat tanamannya. Alhamdulillah, tanaman cabai, terong dan sayuran-sayuran tumbuh subur. Tak lama lagi, pak Joko sudah bisa melaksanakan panen,” ujar Minja.

Selaku Bhabinkamtibmas Desa Pak Utan, Polsek Toho, Polres Mempawah, Minja mengaku bangga dengan Pak Joko. Ia selanjutnya mengajak masyarakat untuk dapat mencontoh kejelian dan keuletan Pak Joko dalam memanfaatkan lahan kosong sebagai upaya menjaga ketahanan pangan.

“Kita tak boleh menyerah dalam Pandemi Covid-19. Sebaliknya, kita harus menjadi lebih kuat dan produktif dengan memanfaatkan potensi alam di sekeliling kita untuk meningkatkan pendapatan keluarga di masa sulit ini,” imbuh Minja.



Penulis : Dian Sastra
Editor   : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini